Bupati Rusma Yul Anwar Menghadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Ranah Pesisir

0
555
PadangTIME.com – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan secara berjenjang di Kabupaten Pesisir Selatan hendaknya dapat membawa program-program yang lebih aspiratif.
Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar ketika menghadiri kegiatan  Musrenbang RKPD Kecamatan Ranah Pesisir tahun 2022, Rabu (3/3) di aula kantor camat setempat.
Lebih lanjut bupati menyebutkan, proses musyawarah pembangunan yang partisipatif seharusnya memberikan keleluasaan kepada masyarakat ditingkat bawah untuk mengusulkan berbagai kebutuhannya.
Lebih lanjut ia meminta semua pihak mengawal aspirasi yang sudah disampaikan dan sudah menjadi skala prioritas, sehingga nanti tidak ada program atau kegiatan yang mendadak muncul. “Nantinya, jangan sampai ada program atau kegiatan yang tiba-tiba muncul tanpa ada usulan sebelumnya,” jelas dia.

Disebutkan, Musrenbang tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten yang dilaksanakan selama ini, dimana seluruh perangkat daerah menjadi pendamping selama kegiatan berlangsung.

bebi

“Para kepala perangkat daerah atau yang mewakili menyampaikan ekspos kepada peserta terkait program atau kegiatan yang berlokasi di kecamatan bersangkutan pada tahun berjalan dan tahun depan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kedepan para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga diminta lebih aktif dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah.

“Sebab, keberadaan  Forum Perangkat Daerah sangat penting dan strategis dalam rangka menindaklanjuti hasil Musrenbang setiap tahunnya baik tingkat kecamatan maupun kabupaten. Oleh karena itu, diminta setiap kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pessel selalu aktif pada forum tersebut,” pintanya.

Kemudian melalui forum ini ditetapkan program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan. Namun harus mengacu pada skala prioritas yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kabupaten, ucapnya.

Sementara Camat Ranah Pesisir, Zul Arsil mengatakan, melalui Musrenbang RKPD Kecamatan Ranah Pesisir Selatan pihaknya akan mengusulkan beberapa prioritas pembangunan antara lain kelanjutan pembangunan Puskesmas Balaiselasa, kelanjutan pembangunan Pasar Balaiselasa dan lainnya.
Ia menambahkan, Musrenbang ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kemudian pihaknya juga membatasi jumlah peserta. (pt/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here