Bupati Pessel Sediakan Hand Sanitizer Antisipasi Virus Corona

273
Padang TIME.com-Guna mengantisipasi atau mengurangi risiko penyebaran Virus Corona di lingkungan kantor pemerintahan dan sarana umum lainnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyiapkan hand sanitizer, disamping juga cuci tangan dengan air bersih dan sabun mengandung antiseptik.
Upaya itu juga terlihat dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Kantor Bupati Pesisir Selatan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Erizon mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Senin (10/3) bahwa pihaknya memang berupaya agar aparatur adalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di lingkungan pemerintahanya benar-benar bersih dari kuman yang bisa menimbulkan penyakit.
“Berdasarkan hal itu, sehingga kita menyediakan sarana untuk mensterilkan tangan dari ancaman virus melalui keberadaan hand sanitizer. Terutama sekali ancaman dari Virus Corona yang saat ini sangat menakutkan masyarakat dunia, termasuk juga masyarakat Pesisir Selatan,” katanya.
Dia menjelaskan bahwa anjuran cuci tangan meskipun tampak sederhana, tapi sangat efektif untuk menangkal virus. Termasuk Virus Corona jenis baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China tersebut.
“Cara terbaik untuk menangkal virus tersebut memang melalui cuci  tangan dengan sabun. Tapi jika tidak memiliki akses air dan sabun yang mengandung antiseptik. Kita bisa menyiapkan hand sanitizer atau cairan yang memiliki kandungan alkohol dengan kadar setidaknya 60 persen,” ungkapnya.
Dijelaskanya bahwa pemakaianya adalah dengan cara membalurkan ke seluruh tangan. Kemudian gosok-gosok di seputaran tangan dan sela jari sekitar 20 detik, lalu biarkan hingga kering secara alami.
Ditambahkan Erizon bahwa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60-95 persen, lebih ampuh menghalau dibanding yang kadar alkoholnya sedikit atau tanpa alkohol.
“Walau demikian, penerapan hand sanitiser ini hanya dianjurkan bila memang tidak memiliki akses air dan sabun yang mengandung antiseptik. Saya katakan demikian, sebab air bersih dan sabun dengan antiseptik itu memang yang paling ampuh. Sebab bisa menghilangkan semua jenis kuman,” tutupnya
Balang

LEAVE A REPLY