Bupati Pesisir Selatan Sumbang Masker Untuk Sekolah

830
PadangTIME.com– Selain menyediakan sarana berupa wastafel sebagai tempat cuci tangan, dan alat mengukur suhu tubuh berupa termometer, semua sekolah yang telah menerapkan belajar secara tatap muka harus mewajibkan bagi semua siswa dan guru memakai masker.  Upaya itu harus dilakukan walaupun Pesisir Selatan saat ini sudah masuk pada zona hijau Covid-19.
Ketegasan itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, saat berkunjung ke SDN 10 Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, dengan juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pesisir Selatan, Suhendri.
Dikatakanya bahwa Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dinyatakan sebagai daerah zona hijau Covid-19.
“Karena zona hijau, sehingga memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 ini dilakukan kebijakan oleh pemerintah daerah, maupun oleh pemerintah provinsi dapat melakukan belajar tatap muka. Karena saya temui ada siswa yang tidak memakai masker, sehingga melalui kunjungan ke SMPN 1 Painan, dan ke SDN 10 Painan Timur, kita juga menyalurkan bantuan untuk membeli masker. Melalui bantuan ini saya ingin memastikan jika semua siswa benar-benar memakai masker saat berada di sekolah,” ujarnya.
Kepala Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Suhendri, menjelaskan bahwa bantuan beli masker terhadap dua sekolah yang dikunjungi itu merupakan bantuan spontan yang bertujuan untuk mendorong dan momotivasi guru dan siswa agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di semua sekolah.
“Ini saya sampaikan, sebab penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini, wajib diberlakukan di semua sekolah selama pandemi Covid-19, walau Pesisir Selatan sudah dinyatakan zona hijau. Namun secara nasional masih terjadi peningkatan kasus,” ungkapnya.
Ditambahkan lagi bahwa selain melakukan evaluasi, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam memerangi penyebaran Covid-19 di daerah itu.
“Ini penting dilakukan agar tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Pesisir Selatan, terutama sekali di lingkungan pendidikan,” timpalnya. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY