Bupati Pesisir Selatan Minta Pelayanan Faskes Harus Optimal

0
172
Padang TIME – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat , Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd menegaskan di tengah pandemi seluruh pelayanan kesehatan harus berjalan optimal dalam melayani masyarakat.
“Saya minta tenaga kesehatan pada semua fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Pesisir Selatan, agar tidak mengabaikan ini. Harus tetap sepenuh hati pada masyarakat,” ungkap Rusma Yul Anwar, Rabu 14 Juli 2021.
Menurut Rusma Yul Anwar, di tengah kebutuhan masyarakat seluruh Faskes harus berjalan sesuai fungsinya. Jangan sampai ada yang membuat masyarakat merasa kesulitan, apalagi tertunda karena alasan yang tidak jelas.
“Untuk itu, fungsi Puskesmas harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun pelayanan kesehatan,” jelasnya.
Katanya, setiap Puskesmas harus inovatif dalam memberikan akses pelayanan ke masyarakat, seperti melalui sosialisasi termasuk penyuluhan kesehatan yang menjadi dasar masyarakat untuk pola hidup sehat.
“Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar. Jadi kita harap ini harus jalan sebagaimana mestinya,” ujar Rusma Yul Anwar.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, dr. Satria Wibawa, M.Kes mengatakan, pihaknya tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan Puskesmas dan lainnya.
“Ya, fungsi Puskesmas harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis. Namun tentu harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga fungsi tadi dapat berjalan baik,” tutupnya. (nk/PT)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here