Bupati Pesisir Selatan Kunjungi Masyarakat Penerima Bantuan Bedah Rumah Di Nagari Kubang Koto Barapak

915
PadangTIME.com-Hendrajoni, melakukan kunjungan dan tatap muka dengan masyarakat penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Air Limbah Setempat (ALS) listrik bersubsidi.
Kegiatan yang digelar di kantor Wali Nagari Kubang Koto Barapak itu, juga dihadiri Kepala Dinas Perkimtan Pesisir Selatan, Mukhridal, dengan diwakili Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Fiona Mirzal, Jumat (3/7) lalu.
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dalam sambutanya menyampaikan waktu itu kepada masyarakat yang hadir agar dapat mensyukuri nikmat yang diterima.
“Saat saya baru dilantik menjadi bupati, saya turun kelapangan melihat kondisi masyarakat. Saya temui banyak masyarakat yang tinggal di rumah yang tidak layak.  Saya prihatin dan berupa untuk mengantisipasinya dengan cara mencari bantuan ke pusat,” katanya.
Berkat upaya itu, sehingga sejak tahun 2017 sudah 6.266 unit rumah yang didapatkan oleh Pesisir Selatan untuk dilakukan perehapan atau dibedah.
“Termasuk juga bantuan yang salurkan kepada 50 kepala keluarga (KK) yang terdapat di Nagari Kubang Koto Barapak ini. Saya berharap bantuan dengan nilai Rp 17,5 juta per unit ini, ada swadaya dari masyarakat penerima supaya memiliki nilai tambah,” ujarnya.
Ditambahkan bahwa melaui program BSPS dan ALS itu, sehingga rumah yang tidak layak menjadi layak, dan rumah yang tidak memiliki air bersih dan listrik juga bisa memilikinya.
“Ini patut disyukuri, sebab berbagai kebutuhan dasar ini bisa terjawab secara bertahap. Termasuk juga pembangunan jalan tembus yang akan menghubungkan Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok pada ruas Pasar Baru-Alahan Panjang,” jelasnya.
Ditambahkan lagi bahwa pihaknya akan terus berjuang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di nagari itu.
“Ini saya sampaikan, sebab masih terdapat sekitar 2.000 unit lagi rumah masyarakat yang tidak layak hini di daerah ini, sermasuk juga di nagari ini sekitar 200 unit lagi,” jelasnya.
Kabid Perumahan Dinas Perkimtan, Fiona Mirzal dalam laporannya menjelaskan bahwa hingga tahun 2020 ini Pesisir Selatan telah melaksanakan kegiatan bedah rumah  sebanyak 6.266 unit di Pesisir Selatan.
“Sedangkan di tahun 2020 ini sebanyak, 1.125 unit, dan di Kecamatan Batang sebanyak 170 unit, termasuk di Nagari Kubang Koto Barapak sendiri sebanyak 50 unit pula,” jelasnya.
Sementara itu, Wali Nagari Kubang Koto Barapak, Noviadi, juga menjelaskan bahwa di nagari itu masyarakat menerima bantuan bedah rumah dengan anggaran Rp 17,5 juta masing-masing, akan dapat mejawab kebutuhan masyakat dalam memenuhi kebutuhan dasarnya secara bertahap.
“Dari itu, saya berharap setiap tahun nagari ini selalu dapat bantuan hendaknya,. Ini saya sampaikan, karena nagari ini merupakan salah satu nagari padat penduduk di Kecamatan Bayang, dengan jumlah kepala keluarga (KK) mencapai  850. Sementara jumlah rumah hanya sekitar 350 unit. Berdasarkan jumlah itu, sehingga dalam satu rumah ada yang dihuni oleh 3 KK, bahkan ada yang sampai 5 KK. Makanya kami sangat membutuhkan bantuan ini bisa terus berlanjut pada tahun berikutnya,” harap Noviadi.
Camat Bayang, Ilham R Putra, dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga penerima bantuan program BSPS dan ALS listrik bersubsidi tersebut. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY