Bupati Pesisir Selatan ingatkan jangan sungkan kritik pemerintah

0
381
Padang TIME – Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar Rusma Yul Anwar mengatakan, masyarakat tidak perlu mengkritik kinerja pemerintah dalam mengimplementasikannya.
Penyelenggaraan pemerintahan perlu dikawal dari semua pihak terutama masyarakat agar pembangunan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan kebutuhan daerah.
“Karena kita, pemerintah tentunya juga punya kesalahan, sehingga perlu kritik dan masukan yang membangun,” kata Bupati di sela Syafari Ramadhan di Kecamatan Pancung Soal.
Syafari Ramadhan diikuti sejumlah kepala daerah dan kepala seksi di lingkungan Pemkab. Kepala Cabang Bank Nagari Helfi Yandrika dan Kepala BPS Yudi Yos Elvin.
Camat Pancung, Soal Syafrizal dan Ninik Mamak, Tokoh Pemuda, Pandai Pintar, Alim Ulama, Bundo Kandung, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan masyarakat sekitar.
Menurut Bupati, kritik dan masukan tersebut merupakan bentuk partisipasi dan partisipasi semua pihak terutama masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
Pemerintah kabupaten sadar betul bahwa pembangunan tidak bisa dilakukan sendiri. Tanpa keterlibatan dan dukungan penuh dari masyarakat, pembangunan tidak akan berjalan dengan sempurna.
“Makanya kami meminta untuk tidak takut mengkritik kerja pemerintah jika tidak sesuai dengan ketentuan, agar tujuan pembangunan daerah tercapai dengan sempurna,” jelas Bupati.
Bupati menambahkan, beban pembangunan kini semakin berat dan kompleks, terutama karena sejumlah besar keuangan negara telah tersedot untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 yang masih belum usai.
Kondisi ini sangat mempengaruhi kinerja pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah, karena sampai saat ini pengelolaan keuangan pemerintah pusat masih berlangsung.
Oleh karena itu, Bupati berharap pandemi COVID-19 cepat berlalu sehingga transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah kembali normal, sehingga semua proyek pembangunan bisa dipercepat.
Namun, sepanjang tahun 2021 kinerja pertumbuhan ekonomi Pantai Selatan mampu tumbuh positif di tengah badai pandemi. Kinerja Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga tercapai di atas target.
“Ini tentu patut kita syukuri, bahkan pada periode itu perekonomian Pesisir Selatan tercatat di atas rata-rata pertumbuhan provinsi,” kata bupati. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini