Bupati : Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sejenisnya Harus Dimaksimalkan

0
1273
PadangTIME – Tahun 2022 ini, Pemkab Pesisir Selatan  komitmen  lakukan pengurangan dan pengelolaan sampah secara maksimal. “Melalui Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya, kita juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dengan mengurangi serta mengelola sampah dengan baik,” tegas Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Senin (24/1) di Painan.
Lebih lanjut bupati mengatakan, pemkab serius menyikapi persoalan sampah, salah satu upaya nyata adalah dengan melibatkan masyarakat mengelola sampah. Masyarakat secara partisipatif diminta mengumpulkan sampah di lingkungan masing-masing.
Disebutkan, melalui peringatan hari peduli sampah nasional setiap tahunnya menjadi motivasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah yang ada di sekolah, instansi dan lingkungan pemukiman. Kegiatan itu sesuai kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), untuk menjadikan Indonesia bebas sampah dalam waktu yang tidak terlalu lama.
“Ya, melalui peringatan hari peduli sampah nasional menjadi motivasi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah yang ada di sekolah, instansi dan lingkungan pemukiman,” ujarnya.
Lebih lanjut dijelaskan, kebijakan nasional terkait penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan terus dimaksimalkan.
“Kita mengimbau seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya,” pinta bupati. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini