Bupati Pasaman, Menghadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

0
184

PadangTime.COM – Dalam rangka memperkuat sinergi dan soliditas jajaran Bawaslu dalam mengawasi tahapan Pemilu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman  melaksanakan Apel siaga pengawasan Pemilu 2024 khususnya tahapan kampanye yang sudah dimulai sejak 28 November kemaren.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Bawaslu Pasaman, Lumban Tori saat memimpin kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di halaman Kantor Bupati Pasaman. Selasa, (05/12/2023).

Ketua Bawaslu Pasaman, Lumban Tori menyampaikan, Apel siaga Bawaslu adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk menyatakan kesiapannya dalam mengawasi tahapan Pemilu. Apel siaga ini biasanya dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun kecamatan.

“Tujuan dari apel siaga Bawaslu adalah untuk, Memperkuat sinergi dan soliditas jajaran Bawaslu dalam mengawasi tahapan Pemilu. Menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi tahapan Pemilu. Mewujudkan Pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan berintegritas,” katanya.

Dikatakanya, Apel siaga Bawaslu merupakan salah satu bentuk komitmen Bawaslu dalam mewujudkan Pemilu yang berkualitas. Dengan apel ini, Bawaslu menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bawaslu Pasaman siap mengawal jalannya Pemilu 2024.

 seluruh Panwascam, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) agar sama-sama menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bawaslu Pasaman siap mengawal jalannya Pemilu 2024 dan terus bersinergi dengan stakeholder kecamatan, Polsek setempat, koramil dan unsur lainnya demi terselenggaranya pemilu yang aman, tertib dan berkualitas,” ujarnya.

Disamping itu, Ia berharap agar seluruh Panwascam dan PKD juga ikut bersosialisi ke bawah khususnya diwilayah masing-masing seperti Nagari, ASN agar tidak melanggar netralitas dan menghimbau kepada seluruh elemen agar tolak politik uang, politisasi sara/hoaks.

“Kita sangat berharap berharap kepada Kepala Daerah agar bisa meneruskan pesan pesan demokrasi Pemilu khususnya kepada ASN agar menjaga netralitas,” pungkasnya.

Bupati Pasaman Sabar As dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Pasaman yang sudah menyelenggarakan kegiatan Apel siaga pengawasan Pemilu 2024 di Kabupaten Pasaman.

Pemilu adalah tmekanisme tahapan pemilihan calon pemimpin yang berintegritas. Dan untuk mencapai itu, pada masa tahapan kampanye saat ini, Bawaslu Pasaman melakukan Pengawasan agar berjalannya pesta demokrasi yang adil, berkualitas dan Pemilu Badunsanak di daerah.

“Kita berharap dengan pesta demokrasi ini bisa menghadirkan pemimpin yang berkualitas dengan pengawasan Bawaslu Pasaman,” kata Bupati Pasaman, Sabar As di depan seluruh Panwascam, PKD dalam sambutannya.

Turut hadir dalam acara tersebut,  Peserta apel sebanyak 126 orang, terdiri dari 36 Panwascam, 64 PKD, 12 Kepala sekretariat  panwascam se Kabupaten Pasaman. Tamu kehormatan terdiri dari PLH Bupati Pasaman, Kapolres Pasaman, Dandim 0305 Pasaman, KPU Pasaman, Kejaksaan Negeri Pasaman, Pengadilan Negeri Pasaman, kesbagpol. Kasat Pol PP dan Damkar dan stakeholder Kabupaten Pasaman lainnya. (EK)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini