Bupati Minta BUMNag Tingkatkan Produksi Buah Durian

428

Padang TIME.com-Pesisir Selatan-Bupati Hendrajoni didampingi Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto dan sejumlah kepala perangkat daerah meninjau keberadaan usaha BUMNag Nagari Teratak Tampatiah, Kecamatan Batang Kapas, Senin (17/2).

Pada kesempatan itu bupati juga meminta BUMNag Taratak Tampatiah meningkatkan produksi pengolahan buah durian kemasan, sekaligus menyerahkan bantuan 2 unit kulkas untuk pendinginan.

Bupati mengatakan, BUMNag idealnya mampu menggerakan ekonomi masyarakat di nagari. “BUMNag hadir untuk memacu agar nagari tumbuh menjadi kekuatan ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya, BUMNag Nagari Taratak Tampatiah, Kecamatan Batang Kapas ini yang bukan pesaing usaha rakyat, tapi mampu menjadi solusi bagi rakyat,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pessel, Wendi mengatakan, usaha BUMNag Taratak Tampatiah yang bergerak pada usaha pengelolaan buah durian dalam jumlah besar dan kemudian dikemas menjadi produk yang bisa disimpan dalam waktu lama.

“Pada saat panen raya, durian rakyat di daerah itu tidak lantas harganya jatuh dan murah, tetapi bisa menstabilkan harga dengan cara diolah, sehingga meningkatkan harga jual,” ucapnya pengelola BUMNag dengan metoda beku ini, durian tersebut bisa bertahan dalam hitungan bulan, dan bisa dijual pada saat harganya kompetitif.

Lebih lanjut dikatakan, pembinaan dan pendampingan terhadap BUMNag yang ada di nagari-nagari di Kabupaten Pesisir Selatan mesti dilakukan secara intensif untuk mengembangkan usaha ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya pembinaan dan pendampingan tersebut, maka BUMNag dapat melaksanakan fungsinya dengan baik serta berupaya mencarikan solusi atas persoalan yang muncul,” ucapnya BUMNag didorong mengembangkan usaha ekonomi produktif sesuai potensi yang dimiliki nagari. Kemudian melalui pembinaan dan pendampingan nantinya ada BUMNag yang menjadi andalan di Pessel. (03)

Balang

LEAVE A REPLY