Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni : Kepala Sekolah Agar Mampu Berinovasi

498
PadangTIME.com Kepala sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan diminta agar melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya dan mampu berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
“Peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menjadi sangat penting. Kemudian kepala sekolah diberi kesempatan seluas-luasnya menyampaikan berbagai hal dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Selanjutnya, dibahas secara bersama-bersama,” kata Bupati Pesisir Selatan, Rabu (27/1).
Lebih lanjut ia menyatakan, kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tugas yang kompleks tersebut,  tidak dapat dirumuskan seluruhnya ke dalam suatu prosedur tugas  kepala sekolah.
Meskipun demikian, standar minimal prosedur tugas kepala sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok yaitu sebagai pendidik, manejer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.
Lebih lanjut dikatakan, pembangunan bidang pendidikan tetap menjadi skala prioritas. Karena, pendidikan merupakan salah satu indikator penting kemajuan suatu bangsa dan menjadi aset jangka panjang.
Dalam hal ini, Pemkab Pesisir Selatan sangat konsisten memajukan dunia pendidikan melalui program dan kegiatan baik peningkatan sarana dan prasarana, kualitas guru dan kepala sekolah serta aparatur pendidikan lainnya.
Begitu pula dengan alokasi anggaran bidang pendidikan yang dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Namun, pembangunan bidang pendidikan butuh dukungan dari semua elemen masyarakat.
“Membangun bidang pendidikan, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi merupakan tanggungjawab bersama. Untuk itu, saya meminta semua elemen ikut berpartisipasi membangun bidang pendidikan,” ajaknya. (NZ)
Balang

LEAVE A REPLY