Bupati Mentawai  Minta Kemendes Bantu Wujudkan Pemekaran Desa di Mentawai

749

PadangTIME.com  – JAKARTA , Pemekaran desa bagi kami sangat urgen, karena wilayah Mentawai sangat luas dan penduduknya menyebar di empat pulau besar, dari hal tersebut kami agak sedikit terhambat pembangunan dalam memajukan daerah. hal ini  disampaikan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet bersama DPRD Mentawai saat melakukan audensi pemekaran di Kementerian Desa Tertinggal, Selasa (5/3).

Dalam rapat audensi itu, Yudas Sabaggalet meminta Dirjen Kemendes membantu pemerintah Mentawai untuk mewujudkan pemekaran desa agar segera secepatnya diproses.

“Selain itu tanpa pemekaran desa kita tidak bisa berbicara percepatan pembangunan derah tertinggal,” katanya.

“Daerah kami ini tiga T serta daerah Mentawai salah satu zona rawan bencana, berangkat dari itu kami melakukan pendekatan untuk meminta kepada dirjen kemendes menyampaikan aspirasi serta dirjen juga bisa melakukan kunjungan kerja ke Mentawai agar bisa melihat langsung kondisi Mentawai,” jelasnya.

Kalau dibandingkan dengan Nias, kata Yudas, mungkin Mentawai sumber daya alamnya lebih kaya, tetapi Nias sudah sangat maju, memiliki empat kabupaten dan mempunyai akses di mana-mana

“intinya bagi kami pemekaran sangat berpengaruh terhadap percepatan pembangunan karena dengan pemekaran akses akan terbuka,” kata Yudas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD menyampaikan kepada Dirjen Kemendes bahwa Mentawai butuh pemekaran desa untuk membuka akses demi kelancaran kebutuhan masyarakat.

Dengan adanya pemekaran desa nanti, kata Yosep, hasil pertanian masyarakat banyak yang akan menampung dengan harga sesuai pasar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dari audensi tersebut, Dirjen Kemendes Samsul Widodo merespon baik permintaan Bupati Mentawai bersama DPRD Mentawai, kami segera membantu dan memfasilitasi Pemkab Mentawai dengan mengundang Kemendagri serta kementerian terkait pemekaran desa.

Dikatakan, pihak kemendes juga akan memfasilitas Bupati Mentawai dalam presentase saat pertemuan kembali dengan kementerian untuk pemekeran desa di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kita harus berjuang untuk secepat mungkin pemekeran desa dan siap membantu sampai sukses di perkirakan 2020 akan terjawab,” kata Samsul Widodo.

Rapat audensi pemekaran desa itu di hadiri Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Asisten I Nikolaus Sorot ogok serta Ketua DPRD Yosep Sarokdok, Wakil Ketua DPRD Jakop saguruk dan anggota DPRD dari fraksi Demokrat Semseri. (rel)

Balang

LEAVE A REPLY