Bupati Mentawai : Kepala Desa dan Aparatur Jangan Main-main Dana ADD

654

PadangTIME.com – Bupati Mentawai, Yudas Sabggalet ingatkan kepala desa dan aparatur untuk tidak main-main dengan Anggaran Dana Desa (ADD), apabila terjadi pelanggaran tanggung resikonya.

Dana desa secara keseluruhan di mentawai sebanyak 108 miliar, kalau di bagi rata-rata 43 desa 2,5 miliar, kata Yudas Sabaggalet saat berikan arahan kepada peserta bimtek aparatur pemerintah desa di hotel Rocky Padang beberapa waktu lalu.

Lebih jauh Yudas menjelaskan, dana desa itu ada dua sumber, pertama dari APBN yang disisikan bukan hibah, kemudian dana APBD 10 persen sebesar 64 miliar, hal ini disampaikan artinya dana desa harus betul-betul di pertanggungjawabkan dengan benar, ujarnya.

Tapi yang anehnya, dengan anggaran cukup besar setiap desa yang ada di mentawai, kata Yudas ketika kunjungan ke desa tidak keliahatan fisik pembangunannya, jadi kemana saja dana di pergunakan, tuturnya.

Dijelaskan Yudas penerapan aplikasi siskeudes 2.0, Yudas menjelaskan bagi perangkat desa kaur keuangan dan operator siskeudes serta aparatur kecamatan, bahwa persetiap tanggal 10 januari tidak ada lagi kegiatan di desa artinya seluruh SPJ sudah selesai, ucapnya.

“Prinsipnya kepala desa dan aparatur jangan main-main dengan dana ADD, karena di awasi semua pihak, kalau tidak mengerti bertanya supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari” kata Yudas  Minggu (5/5).

Dikatakan Yudas untuk verifikasi SPJ di kabupaten, Yudas tekankan jangan lama-lama, supaya anggaran desa tidak hanya habis dengan anggaran operasional saja akan tetapi utamakan pembangunan di desa, ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang di lakukan desa, pihak kecamatan harus inten untuk melakukan pengecekan, supaya di ketahui apa saja yang di bangun, baik kualitas bangunannya maupun yang lain.

Apabila di temukan hasil pembangunan tidak ada segera laporkan, karena pihak kecematan memiliki kewenangan tugas untuk mengontrol kegiatan desa, usai kegiatan ini kalau ada desa yang adminiatrasinya belum selesai, usai bimtek ini bereskan semuanya serta perbaiki cara kerja, tukasnya. (n)

Balang

LEAVE A REPLY