Bupati Hendrajoni Serahkan Bantuan Alsintan Senilai Rp 6,1 Milyar

1192

PadangTIME.com – Painan,- Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, menyerahkan, 211 unit alat mesin pertanian (Alsintan) senilai Rp 6, 1 milyar, kepada sejumlah kelompok tani di daerah setempat, Jumat (22/11).

Dalam sambutannya Bupati Hendrajoni, mengingatkan,
ketua kelompok tani dapat mengelola alsintan dengan baik dan transparan.

” Hasil operasional alsintan harus disampaikan secara terbuka kepada anggota tidak boleh disimpan sendiri,”kata bupati.

Menurut bupati bantuan alsintan harus dimanfaatkan untuk peningkatan produksi pertanian baik secara kualitas maupun kuantitas.

Melalui pemanfaatan alsintan diharapkan dapat meningkatkan kualitas gabah dan beras Pesisir Selatan.

” Kita ingin beras Pesisir Selatan, mampu menjadi beras nomor satu di Sumatera Barat,”harapnya.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPR RI dan anggota DPRD Pesisir Selatan, yang telah mengalokasikan sebagian dana pokok pikirannya untuk bantuan alsintan petani Pesisir Selatan.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto dalam sambutannya mengingatkan petani agar dapat memelihara alsintan dengan baik serta dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Menurut Hermanto, besarnya bantuan dari pusat untuk Pesisir Selatan, tidak terlepas dari hebatnya Bupati Hendrajoni melobi ke pusat.

“Kita butuh bupati serius dan lincah ke pusat seperti Bupati Hendrajoni,”katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan ( Distanhorbun) Pessel Ir.Nuzirwan, mengemukakan, bantuan 211 alsintan merupakan gabungan dari bantuan kementerian pertanian , Distanhorbun Provinsi Sumatera Barat dan pengadaan melalui APBD Pesisir Selatan.

Disebutkan dari bantuan alsintan yang diserahkan diantaranya jenis hand traktor, pompa air, hand sprayer, Cultivator, corn seller, power thresser, hidrotoler dan corn combine harvester.

Hadir pada acara tersebut, anggota DPR RI, Dr. Hermanto, Ketua DPC PPP Kabupaten Pesisir Selatan, Marwan Anas, Ketua DPD PKS Kabupaten Pesisir Selatan, Feby Rofli serta sejumlah kepala dinas.*

Balang

LEAVE A REPLY