Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Untuk Tidak Bakar Hutan dan Lahan

380

Padang TIME.com- Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Hendrajoni, menegaskan, penanganan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam harus lebih mengutamakan pencegahan daripada pemadaman.

“Paradigma penanganan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam harus mengutamakan pencegahan,” kata Bupati Hendrajoni, dalam pidatonya pada apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di pelataran parkir Pantai Carocok Painan, Jumat (6/3).

Dikatakan, kebakaran hutan dan lahan jika sudah terjadi, akan menimbulkan bencana bagi masyarakat sekitarnya bahkan asapnya bisa menjadi bencana oleh daerah sekitarnya.

Selain itu, untuk usaha pemadaman dibutuhkan tenaga yang banyak serta peralatan yang lengkap.

“Mari kita secara bersama melakukan antisipasi sebelum terjadi kebakaran,” kata bupati lebih lanjut bupati mengajak, semua pihak bergandeng tangan melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Jika terlihat titik api segera padamkan, jangan biarkan membesar,” pintanya.

Selain itu, Bupati Hendrajoni menegaskan kembali larangan membakar lahan ketika pembersihan lahan, membakar sampah serta membuat api unggun di lahan perkebunan serta membuang puntung rokok secara sembarangan.

Apel siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam, dihadiri Sekda Ir. Erizon, MT, Ketua DPRD, Ermizen, anggota Forkopimda dan kepala perangkat daerah serta seluruh ASN TNI dan Polri.

Balang

LEAVE A REPLY