Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Dan Wabub Tinjau Pembangunan Masjid Agung Dharmasraya

0
754

Selasa , 13 April  2021

PadangTIME.com – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kembali menyempatkan diri memantau progres pembangunan Masjid Agung Dharmasraya, Selasa (13/4/21).

bebi
Kali ini, Bupati yang didampingi Wakil Bupati, DP Datuk Labuan, Sekretaris Daerah, Adlisman dan Kepala Dinas PUPR, Junaidi Yunus, juga turut membawa Ketua DPRD Dharmasraya, Paryanto, Kepala Kantor Kemenag Dharmasraya, Abdel Haq, Ketua MUI Kabupaten Dharmasraya, Aminullah Salam, serta salah seorang tokoh masyarakat, Sutan Alif.

Masjid Agung Dharmasraya bernilai Rp 97 miliar. Pemkab Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menerima alokasi dana dari pemerintah pusat sebanyak Rp16 miliar. Dana itu untuk pembangunan Masjid Agung di Pulau Punjung.

Pemerintah Daerah merencanakan, sholat Idul Fitri tahun ini sudah dapat dilaksanakan di Masjid Agung Dharmasraya. Itulah kenapa, Bupati Sutan Riska acap kali turun ke lapangan untuk memantau langsung progres pembangunan Masjid Agung ini agar bisa selesai lebih cepat.

Mari bantu do’akan ya, dunsanak. Semoga pembangunan Masjid Agung ini berjalan lancar dan segera siap. Para pekerja sekarang tengah berupaya mengebut pembangunannya.

Pengerjaannya sudah mencapai 85 persen, mudah-mudahan tahun ini selesai selanjutnya diresmikan dan dapat digunakan untuk tempat ibadah,” katanya soal ini wujud Masjid Agung Dharmasraya.

Ia menjelaskan masjid dua lantai tersebut dibangun di lahan 67.193 meter persegi. Masjid yang dirancang menjadi pusat peradaban Islam di Dharmasraya ini berdiri di Lintas Tengah Sumatera.

Masjid dengan empat kubah dan Menara ini melambangkan filosofi adat Minangkabau, yaitu Tau Jo Nan Ampek. Makna yang terkandung kata tersebut adalah seseorang harus pandai menjaga sikap kepada yang lebih tua, sebaya, yang lebih kecil dan tokoh-tokoh masyarakat.

Mesjid agung akan menjadi ikon baru Dharmasraya. Menjadi Islamic Center untuk pemberdayaan umat dan menjadi penopang utama seluruh masjid dan surau di Dharmasraya. Semoga tahun ini kita sudah bisa sholat Idul Fitri di masjid megah kebanggaan daerah. (pt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here