Bupati Dan Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

0
140
PadangTIME.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 1 Juni 2021 dilakukan secara virtual di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Selasa (1/6).
Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang diikuti oleh Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu, diselenggarakan di ruang Command Center & Video Conference, Gedung Painan Convention Centre (PCC).
Terlihat hadir bersama bupati Ketua DPRD Pessel, Ermizen,  Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo, dan Kasdim 0311 Pesisir Selatan, Mayor Inf Syawal, serta juga Kabag Kesbangpol Sekdakab Pessel, Hardi Darma Putra.
Sebagaimana diketahui upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di halaman gedung Pancasila di Jakarta. Bertindak sebagai Inspektur upacara Presiden RI, Joko Widodo.
Sementara pembacaan Pancasila oleh  Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, sedangkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani.
Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengemukakan, nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan dan menjadi nilai-nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan.
Menurutnya diera globalisasi tantangan Pancasila tidak lah semakin ringan. Diantaranya yang harus diwaspadai adalah semakin meningkatnya rivalitas dan kompetisi nilai-nilai, pandangan dan  ideologi transnasional.
“Untuk menghadapi semua itu, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila diperlukan cara-cara yang luar biasa dengan memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi,” katanya.
Selain itu kata presiden, Pancasila harus menjadi pondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berke-Indonesian. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here