ad
PadangTIME.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan.
Harapan itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar  ketika melakukan pertemuan dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta kepala sekolah usai apel pagi, Senin (14/6) di kantor bupati setempat.
Dikatakan bupati, selain meningkatkan keterjangkauan layanan pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga hendaknya meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan sebagai upaya mencapai kualitas pendidikan yang berstandar nasional dalam meningkatkan mutu dan daya saing daerah.
Selanjutnya, mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan di semua jenjang pendidikan.
Menjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan, dan adanya jaminan bagi lulusan sekolah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya atau mendapatkan lapangan kerja sesuai kompetensinya.
Dikatakan bupati lagi, berbicara tentang pendidikan, bukanlah hal yang sederhana. Oleh karena itu, pendidikan harus dipandang secara komprehensif dan pendidikan merupakan investasi jangka panjang.
“Artinya, dalam membangun pendidikan tidak sama dengan membangun fisik, dimana hasilnya langsung dapat dilihat.
Tetapi pendidikan, hasilnya baru bisa dilihat 3 sampai 5 tahun, bahkan 10 tahun yang akan datang,” jelasnya.
Disebutkan, membangun pendidikan memerlukan perhatian yang lebih serius oleh pemerintah daerah. Kemudian dalam rangka menciptakan keterkaitan dan keterpaduan semua stakeholder pendidikan sangat diperlukan hubungan keterpaduan pemikiran dan komunikasi antara pemerintah daerah, penyelenggara pendidikan dan masyarakat, ulasnya. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here