PadangTIME.com – Seekor buaya dengan panjang sekitar 4 meter muncul di Kawasan Simpang Empat Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.Buaya tersebut menampakkan diri saat berjemur di dekat lumpur di pinggir sungai. Buaya tersebut muncul untuk berjemur di lumpur pinggir sungai sekitar pukul 06.30 WIB.
Ketua KSB (Kampung Siaga Bencana) Bungus Teluk Kabung, Syaffrudin mengatakan bahwa warga sudah melihat buaya di lokasi itu sejak dua minggu yang lalu.
“Buayanya diperkirakan panjangnya sekitar 4-5 meter di bawah jembatan saat sedang berjemur dekat lumpur di tepi sungai,” katanya, Sabtu (12/12/2020). Masyarakat melihat sekitar 6 ekor buaya di sekitar sungai. Namun, pada hari ini hanya melihat satu ekor buaya dewasa.
“Sebelumnya sudah pernah tertangkap buaya dengan ukuran kecil di aliran sungai itu juga, tapi arah ke bawahnya,” katanya.
Dijelaskannya, dulu di aliran sungai tersebut tidak ada terdapat buaya. Namun, sejak air mulai keruh karena adanya masyarakat yang mengambil pasir, buaya mulai muncul.
“Dulu masyarakat ada mandi dan berenang di sungai, karena airnya jernih. Tapi sekarang airnya keruh, sedangkan biawak saja sudah tidak banyak di aliran sungai ini,” katanya.
 biasanya banyak terdapat biawak di aliran sungai dan badannya besar-besar. Saat ini tidak ada aktivitas warga di aliran sungai karena airnya sudah keruh.
Sementara itu, Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sutan Hendra, membenarkan kemunculan Buaya Muara tersebut. Sutan yang mendapat laporan dari warga meneruskan informasi itu ke BKSDA.
“Kita dapat laporan dari warga sekira pukul 10.00 WIB, kita sudah koordinasikan ke BKSDA melalui BPBD Provinsi Sumbar,” katanya saat dihubungi, Sabtu (12/12/2020). (nzp)
Balang

LEAVE A REPLY