BPKP Sumbar Bersama DPMDP2KB Pesisir Selatan Evaluasi Penerima BLT Covid-19

1036
PadangTIME.com-Guna memastikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) tahap I bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 yang bersumber dari dana desa (DD) benar-benar tepat sasaran, Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BPKP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), lakukan evaluasi dan pengecekan langsung ke lapangan.

Upaya itu juga dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan, dengan cara mengunjungi langsung masyarakat penerima manfaat BLT Covid-19 yang bersumber dari dana desa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Mayarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan, Wendi, kepada pesisirselatan.go.id Rabu (3/6).

Dijelaskanya bahwa tim dari BPKP Sumbar dalam melakukan pengecekan kelapangan, juga didampingi oleh petugas dari DPMDP2KB Pesisir Selatan, serta dari jajaran aparatur nagari.

“Karena tim juga didampingi oleh petugas dari kabupaten dan nagari, sehingga alamat penerima BLT Covid-19 yang bersumber dari dana desa ini bisa ditelusuri apakah tepat sasaran atau tidak,” katanya.

Disampaikanya bahwa pengecekan kelapangan itu dilakukan selama sepekan pada sembilan nagari di Pesisir Selatan, yakni tanggal 22 hingga 28 Mai 2020.

Sembilan nagari itu diantaranya, Nagari Bungo Pasang, Painan Timur, Rawang Gunung Malelo, Sawah laweh, Talaok, Koto Barapak, Tuik, Taluak, dan Nagari Taluak Tigo Sakato.

“Pada sembilan nagari itu memang ditemui ada nama penerima BLT Covid-19 ganda. Kegandaan itu terjadi karena masyarakat yang bersangkutan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda. Oleh tim yang turun, data itu segera diperbaiki,” ujarnya. (PT/Hms)

Balang

LEAVE A REPLY