BPBD Sumbar : Masyarakat waspada Bahaya Mentawai Megathrust dan Cara Menghadapinya

0
23

PadangTIME.com – – Sekitar satu juta warga di tujuh kabupaten dan kota di wilayah pesisir barat pantai Sumatra Barat (Sumbar) berada dalam ancaman tsunami. Adanya potensi tersebut mengingat kemungkinan gempa hingga magnitudo 8,9 di zona Megathrust Mentawai.

bebi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Erman Rahman menjelaskan, dengan skenario gempa magnitudo 8,9 pada 15 kilometer barat daya Pulau Siberut dan kedalaman 10 kilometer, maka 10 menit setelah gempa bumi, tsunami diperkirakan akan melanda Mentawai. Pada menit ke-35, tsunami mulai menghantam Kota Padang.

“Menyikapi potensi itu, Pemprov Sumbar akan berupaya melakukan mitigasi bencana mengurangi risiko. Kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana tersebut juga perlu ditingkatkan,” katanya di Padang, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, selain Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, lima daerah lainnya yang berpotensi terdampak tsunami bila gempa besar itu terjadi yaitu, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan. (02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here