PadangTIME.com – Pengembangan aplikasi digital dalam mendorong penjualan produk UMKM terus dibdotong Bank Indonesia melalui pelayanan pembayaran, Gubernur BI Perry Warjiyo bahkan menyebut pengembangan layanan Fast Payment telah dilakukan BI demi menopang kebutuhan layanan digital UMKM.
Dalam mempercepat pemulihan ekonomi, Bank Indonesia tengah mendorong pemanfaatan layanan digital bagi UMKM, untuk mendorong penetrasi produk UMKM melalui kanal digital. Gubernur BI menyebutkan bahwa pemasaran produk UMKM melalui media digital lebih memiliki nilai tambah karena konsumen bisa langsung memesan kepada pelaku usaha.

Sementara itu, dikatajan oleh Pery Warjiyo, Bank Sentral sejatinya mendukung pengembangan UMKM dengan  kinerja mereka agar berdaya saing tinggi hingga berorientasi ekspor melalui kantor perwakilan di seluruh Indonesia.

Selain itu, BI juga mendorong pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS, yang menyatukan berbagai macam sistem pembayaran menggunakan QR Code. Nantinya QRIS juga akan didukung oleh layanan terbaru yang dikembangkan BI yaitu Fast Payment yang diharapkan membantu UMKM dalam bisnis melalui platform digital.

Digitalisasi diharapkan Perry Warjiyo  mampu dengan cepat mendorong UMKM dan menjadi jalan bagi sumber pertumbuhan baru yang berkelanjutan. Dampaknya juga diharapkan mampu menjaga daya saing UMKM di tengah situasi pandemi saat ini. (nz)

Balang

LEAVE A REPLY

76 − 68 =