Padang TIME.com Hanoi – Tidak hanya sebagai minuman yang bisa membangkitkan semangat, ternyata bir juga bisa dijadikan sebagai penawar racun yang ampuh. Hal ini setidaknya terjadi pada pasien keracunan yang ditangani oleh seorang dokter di Vietnam.

Salah satu laporan oleh situs berita Vice, sebagaimana dikutip dari Asia One pada Senin (28/1/2019), menyebut bahwa Nguyen Van Nhat (48) dilarikan ke Rumah Sakit Umum Quang Tri di Vietnam pada awal tahun ini, setelah diduga mengonsumsi minuman beralkohol yang mengandung metanol.

Sebagaimana diketahui, metanol adalah bentuk alkohol yang sangat beracun, dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Dokter segera memberi Nhat tiga kaleng bir untuk memperlambat laju penyebaran racun yang tengah berproses di dalam sistem hatinya.

Bir digunakan untuk membantu menyelamatkan Nhat karena ada etanol di dalamnya, dan hati manusia memprioritaskan memecah jenis alkohol ini dibandingkan metanol.

Menurut Le Van Lam, kepala unit perawatan intensif rumah sakit terkait, para dokter memberikan bir untuk memberikan jeda sebelum hati melakukan dialisis (pemisahan zat), dan untuk menghilangkan alkohol ketika metanol diproses dalam sistem jaringan tubuh pasien.

Dilaporkan bahwa Nhat diberi satu kaleng bir setiap jam, hingga total mencapai 15 kaleng yang membuatnya pulih tidak lebih dari satu hari. Namun dia baru diperbolehkan keluar dari rumah sakit keesokan paginya.

Balang

LEAVE A REPLY