Padang TIME | Kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi masih cukup tinggi. Kementerian Perindustrian mencatat pada 2030 mendatang setidaknya dibutuhkan 17 juta tenaga terampil digital. Sedangkan talenta digital yang kini tersedia di Indonesia, hanya berkisar 600 ribu orang.
Dalam rangka mendukung generasi muda bangsa terbaik untuk dapat meraih peluang kerja di bidang teknologi, SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama) kembali mengadakan program beasiswa SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta (SEMESTA) Tahun 2023. Beasiswa ini memberikan kesempatan kuliah gratis S1 di bidang IT untuk 25 tahun orang, serta kesempatan kerja dan gaji tiap bulan.
Adanya program beasiswa tahun ini, menandakan bahwa genap lima tahun sudah SEVIMA turut andil dalam memajukan pendidikan melalui Beasiswa Semesta. Beasiswa ini juga menjadi salah satu acara tahunan yang ditunggu-tunggu dunia pendidikan Indonesia, seiring dengan pendaftaran pada tahun lalu yang mencapai 3.000 orang dan diluncurkan bersama berbagai menteri dan pejabat tinggi negara.
Beasiswa SEMESTA adalah event tahunan yang sangat ditunggu dunia pendidikan, dan bisa diikuti seluruh siswa lulusan SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia. Para talenta yang terpilih nantinya akan mendapatkan _full Scholarship_ (beasiswa penuh selama S1) sekaligus untuk peserta terbaik akan program mentoring _skill_ dari SEVIMA selama 4 tahun dan digaji setiap bulannya,” kata Halim dalam peluncuran Beasiswa SEMESTA, Kamis (13/04).
Beasiswa SEMESTA diberikan kepada 25 talenta terpilih untuk berkuliah jurusan IT di perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan SEVIMA untuk program ini, seperti Binus University dan berbagai kampus lainnya. 
“Beasiswa SEMESTA Batch 5 merupakan program tahun kelima ini dilaksanakan dengan harapan dapat mengajak startup dan industri lain untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia guna mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia maju,” ucap Sugianto Halim.
SEVIMA sendiri merupakan perusahaan di bidang _education technology_ (edutech) yang berawal dari sekelompok mahasiswa teknik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yang menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan anak bangsa dan bagi suatu negara.
Mimpi besar SEVIMA yakni terciptanya pemerataan pendidikan di Indonesia yang diwujudkan dengan membangun sebuah inovasi layanan sistem akademik terbaik di Indonesia: “SEVIMA Platform”. Saat ini SEVIMA telah digunakan oleh lebih dari 800 perguruan tinggi dan lebih dari 3 juta mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia.
Pendaftaran Beasiswa SEMESTA akan berlangsung hingga 7 Juni 2023 mendatang. Sugianto Halim juga menekankan bahwa Beasiswa SEMESTA merupakan program beasiswa sarjana yang diadakan rutin oleh SEVIMA setiap tahunnya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK se-derajat yang berprestasi khususnya di bidang teknologi, namun terkendala dengan ekonomi.

Nah, apa saja syarat dan proses seleksi Beasiswa SEMESTA? Berikut syaratnya:
– Warga Negara Indonesia (WNI)
– Berminat belajar dan berkarier di bidang IT
– Siswa kelas XII atau lulusan SMA/SMK/MA angkatan 2020-2022
– Tidak terikat dengan kontrak beasiswa lain
– Bersedia ditempatkan di Surabaya
– Mengisi formulir pendaftaran 7 Juni 2023
– Memilih salah satu dari empat kualifikasi terkait IT yang tersedia di Beasiswa SEMESTA, diantaranya: Programmer, Designer, Support, dan System Administrator. 
Berikut waktu pelaksanaan beasiswa SEMESTA:
1. Pendaftaran via website : 03 Maret – 07 Juni 2023
2. _Computer Based Test_ (CBT) : 17 – 18 Juni 2023
3. _Hackathon_ : 24 – 25 Juni 2023
4. Pengumuman lolos seleksi : 01 Juli 2023
5. Presentasi dan presentasi : 08 Juli 2023
6. Puncak acara : 09 Juli 2023
Sugianto Halim juga mengungapkan bahwa SEVIMA dilakukan dalam tiga tahap: administratif, CBT, dan Hackaton. Pada tahap pertama, seleksi memastikan peserta administrasi sesuai dengan persyaratan yang tersedia.
Pada tahap kedua, SEVIMA menggunakan sistem Computer Based Test  (CBT) atau Tes Berbasis Komputer. Tes dilakukan secara online dan dapat dikerjakan dari rumah, namun dengan sistem keamanan yang terjamin. Setelah mengerjakan tes, nilai juga langsung muncul di layar komputer.
Sementara tahap terakhir, yaitu   hackathon beserta presentasi dan wawancara, memberi kesempatan para peserta menunjukkan kebolehannya di bidang IT selama sehari penuh dan beruntun. Sesuai dengan asal namanya, yaitu gabungan dari kata “hack” dan “marathon”.
“Jadi, tunggu apalagi? Segera beritahu dan daftarkan diri Anda melalui https://maukuliah.id/beasiswa- semesta . Jangan lupa juga pantau website maukuliah.id dan juga Instagram maukuliah.id untuk mendapatkan informasi selanjutnya. Good luck !,” pungkas Sugianto Halim. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini