Baznas Pesisir Selatan Target Penerimaan Zakat Rp 11 Miliar Tercapai Di Tahun 2020

909
PadangTIME.com-Dengan suksesnya penerimaan zakat sebesar Rp 12.764.877.946 di tahun 2019 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga diyakini target penerimaan sebesar Rp 11 miliar di tahun 2020 ini akan tercapai.
Angka itu diyakini bisa tercapai karena cukup besarnya potensi yang bisa digali. Sebab di tahun 2019 saja, relaisasi pencapaian mampu sebesar 177 persen dari target yang dipasang sebesar Rp 7,2 miliar.
Hal itu disampaikan Ketua Baznas Pesisir Selatan, Yuspardi, kepada pesisirselatan.go.id Rabu (1/7).
“Target itu akan tercapai dengan cara menggali sumber-sumber yang memiliki potensi pemasukan, dengan sasaran utamanya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negera (ASN),” ungkapnya.

Walau terget yang dipasang sebesar Rp 11 miliar, namun dia optimis realisasinya akan bisa melebihi.

“Kita optimis merealisasikanya akan bisa melebihi dari target, dan itu sudah kita buktikan di tahun 2019 lalu,” ujarnya.
Disampaikanya bahwa berkat capaian target itu, sehingga pihaknya mampu melakukan berbagai program kegiatan terhadap masyarakat yang membutuhkan di tahun 2019 lalu.
Beberapa kegiatan itu diantaranya, rehab dan bedah rumah tidak layak huni (RTLH), pemberian beasiswa, bantuan tambahan modal usaha keluarga kurang mampu, serta bantuan biaya berobat.
Dikatakan demikian, sebab melalui dana zakat itu, sebanyak 215 unit rumah sukses dibedah yang berasal dari keluarga miskin, dengan anggaran maksimal per unit Rp 20 juta.
Santunan biaya hidup terhadap 19 keluarga miskin, bantuan kemanusiaan 50 paket, beasiswa bagi anak sekolah dasar (SD) sebanyak 2.607 orang, SMP, MTs sebanyak 1.851 orang, SMA/MA/SMK sebanyak 508 orang, dan mahasiswa S1 dan S2 sebanyak 1.874 orang pula.
Selanjutnya bantuan biaya berobat sebanyak 658 orang, modal usaha 114 orang, serta juga bantuan ormas, mualaf, dan paket ramadhan sebanyak 721 paket pula.
Diantaranya, sudah mulai bangkitnya kesadaran masyarakat terutama dilingkup Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menunaikan dan menyalurkan zakatnya ke Baznas. Termasuk juga berkat keseriusan pemerintah daerah melakukan sosialisasi secara intent setiap ada kesempatan.
“Berkat upaya itu semua, sehingga pada tahun 2019 lalu Pesisir Selatan mampu berada pada peringkat dua besar di Sumbar, dalam pengelolaan zakat setelah Kota Padang,” tutuknya. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY