Baznas Kota Pariaman Serahkan Bantuan Zakat Kepada Pedagang Sayur Keliling

0
24
PadangTIME.com – Baznas Kota Pariaman Bantu Pedagang Sayur Keliling, hal ini ditandai dimana Walikota Pariaman, Genius Umar menyerahkan bantuan zakat yang dikelola oleh Baznas Kota Pariaman, yang berasal dari zakat ASN (Aparatur Sipil Negara) Pemko Pariaman, bertempat di Depan Musholla Balaikota Pariaman, Rabu (6/1/2021).
Genius Umar mengatakan bahwa zakat yang dikeluarkan oleh Baznas Kota Pariaman ini, memang sangat tepat, karena saat ini karena Pandemi Covid-19, seluruh lini kehidupan dan ekonomi kita lumpuh, sehingga banyak keluarga yang terkena imbas akibat pandemi ini.
“Pedagang sayur keliling ini merupakan tulang punggung bagi keluarga mereka, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, mereka terimbas dampak dari adanya penyakit yang menjadi momok bagi dunia saat ini, karena itu, dengan adanya bantuan modal usaha yang diberikan oleh Baznas Kota Pariaman ini, kiranya dapat membantu mereka agar tetap survive,” ujarnya.
Genius mengatakan bahwa para pedagang keliling merupakan pencari nafkah yang selalu berusaha setiap harinya berjualan keliling ke rumah-rumah tanpa henti, apabila mereka terkendala dengan permodalan yang minim akibat menurunya pembelian, secara tidak langsung untuk modal keesokan harinya mereka akan terkendala.
“Kalau usaha bapak ibu laris, setelah menjadi penerima zakat (mustahiq), dengan terus berusaha secara istiqomah, kedepan nanti bisa menjadi pemberi zakat (muzakki) dan nantinya usaha yang bapak ibu tekuni saat ini akan semakin berkembang,” tukasnya.
Ketua LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius mengatakan bahwa program bantuan yang diberikan oleh Baznas Kota Pariaman ini, sangat bermanfaat sekali bagi pedagang sayur keliling ini.
“Kita harapkan mereka yang terkendala dengan modal usaha, dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik, sehingga para pejuang keluarga ini, akan terus dapat berusaha menghidupi keluarganya,” tukasnya.
Sementara itu Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Pariaman, Jomohor menjelaskan bahwa bantuan modal usaha ini diberikan untuk 10 Pedagang sayur keliling yang ada di Kota Pariaman, dan hari ini, akan disalurkan untuk 4 orang pedagang sayur keliling, sedangkan yang 6 lagi menunggu kelengkapan berkas mereka, ucapnya.
“Untuk masing-masing pedagang, kita bantu modal usaha sebesar Rp. 1.500.000 rupiah per orang, dimana bantuan modal usaha ini nantinya bisa dibelikan untuk bahan jualan kembali, yang nantinya akan meningkatkan hasil jualan mereka, sehingga akan tercipta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan hidup bagi para pedagang ini,” ulasnya mengakhiri.
Pada setiap gerobak pedagang sayur keliling yang mendapatkan bantuan dari Baznas Kota Pariaman ini juga dipasangi penanda gantungan yang bertuliskan Usaha Binaan Baznas Kota Pariaman. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here