Bantu Pemerintah, Bank Indonesia Siap Beli Vaksin Covid di 2021

0
1143
ad
PadangTIME.com – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, akan membantu dalam pembelian vaksin Covid-19 di 2021 yang dilakukan melalui skema burden sharing atau BI membeli surat berharga negara (SBN) dari pemerintah.

“BI berkontribusi dalam pemesanan vaksin yang dilakukan pemerintah. Dana digunakan melalui burden sharing. SBN yang sudah diterbitkan, BI beli dan dananya untuk memesan vaksin,” ujar Perry Warjiyo dalam video virtual, Kamis (17/12/2020).

bebi

Diterangkan Perry, bahwa dana dari penerbitan SBN tidak semua digunakan. BI sebagai pembeli siaga dalam lelang perdana SBN oleh pemerintah.

“Ini wujud komitmen BI bersama pemerintah sinergi erat moneter dan fiskal bersamasama percepat pemulihan ekonomi nasional (PEN),” katanya.

Tercatat, Bank Indonesia telah membeli SBN untuk pendanaan dan pembagian beban dalam APBN 2020 guna program pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp473,42 triliun.

Sementara itu, BI juga telah merealisasikan pembagian beban dengan pemerintah atas penerbitan SBN untuk pendanaan Non Public Goods-UMKM sebesar Rp114,81 triliun dan Non Public Goods-Korporasi sebesar Rp62,22 triliun, sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Gubernur BI pada 7 Juli 2020. (nz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here