Bank Nagari Lakukan penandatanganan MoU dengan MES Sumatera Barat

216

Pariwara Bank Nagari

13 Januari 2021

PadangTIME.com – Bank Nagari melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat terhadap ekonomi syariah, khususnya produk dan layanan perbankan syariah.

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad di Padang menyampaikan keseriusan dan komitmen seluruh manajemen Bank Nagari dalam mempersiapkan proses perubahan Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah.

“Kami sudah menjalankan proses sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam aksi korporasi Bank, mulai dari pembekalan pelatihan kepada seluruh pegawai, mapping produk, diversifikasi produk, kesiapan core banking system sampai kepada edukasi dan literasi perbankan syariah kepada seluruh Nasabah,” kata dia, Selasa.

Irsyad mengatakan dengan dukungan bersama, baik masyarakat, nasabah, organisasi kemasyarakatan dan juga pemegang saham maka proses-proses yang sedang dijalankan saat ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Ia juga menyampaikan harapan kepada Ketua Umum MES Sumbar Mahyeldi Ansharullah agar ikut berperan aktif dalam proses sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin banyak menggunakan Bank Syariah dalam aktifitas usaha maupun kebutuhan transaksi keuangan.

“Bank Nagari dalam hal ini, siap melayani melalui Unit Usaha Syariah di seluruh Kantor Layanan yang ada di Sumatera Barat,” ucapnya.

Disisi lain, Ketua Umum MES Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang didampingi oleh jajaran pengurus MES Sumbar lainnya menyampaikan bahwa MES siap menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan dan menggerakkan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

“Tentunya dengan rencana konversi yang sedang dilaksanakan oleh Bank Nagari akan menjadi kekuatan besar bagi rencana tersebut,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, MES menyiapkan Tim khusus untuk mengawal proses edukasi dan sosialisasi yang akan dilaksanakan secara intensif ke masyarakat untuk menyampaikan progres konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah.

Sementara itu, Sekretaris Umum MES Sumbar Ahmad Wira menyampaikan komitmen yang tinggi dari MES dalam mendukung program-program pengembangan ekonomi syariah yang sedang dijalankan oleh bank Nagari.

“Disamping program sosialisasi dan edukasi bersama juga akan disinergikan program pengembangan wakaf yang sedang dilaksanakan oleh MES sebagai langkah konkrit pengembangan ekonomi umat,” kata dia.

MES akan menggandeng Bank Nagari untuk menggerakkan potensi-potensi penerimaan wakaf dari seluruh elemen masyarakat, bisa berupa asset maupun wakaf uang.

Adapun beberapa program penguatan yang dilakukan oleh MES yaitu membentuk kepengurusan MES di kabupaten atau kota lainnya, mendorong pengusaha yang ada di dalam dan luar Sumbar untuk lebih memanfaatkan Bank Syariah.

Kemudian memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada masyarakat dengan mendirikan atau membuka tempat konsultasi (syariah centre), mendorong Bank Nagari untuk bersinergi dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Sumbar.

Mendorong Bank Nagari untuk memanfaatkan edukasi baik secara tatap muka maupun secara virtual kepada masyarakat maupun melalui komunitas-komunitas tertentu, seperti Majelis Taklim, kelompok pengajian ibu-ibu, termasuk dengan komunitas Saudagar Minang.

Pada kegiatan tersebut Mahyeldi juga menyerahkan secara simbolis Tim Edukasi MES yang akan bersinergi dengan Tim Edukasi Bank Nagari. (an)

Balang

LEAVE A REPLY