ad
PadangTIME.com – Pada hari Rabu, 5 Mei 2021 pukul 09.00 berlangsung pertemuan antara perwakilan BPS pusat, BPS Sumbar, dan unsur pimpinan FMIPA UNP. BPS pusat diwakili oleh Pak Iwan dan Bu Tyas Ambarsari, BPS Sumbar diwakili oleh Pak Januarto Wibowo (Kabag Umum BPS Sumbar), Pak Iman Teguh Raharjo dan tim, sedangkan dari FMIPA diwakili oleh Pak Yulkifli (Dekan), Pak Alizar (WD1), Pak Dony Permana (Kajur Statistika), dan Bu Nonong Amalita (Sekjur Statistika).  Pertemuan dilangsungkan melalui media Zoom.
Pertemuan ini membicarakan tentang persiapan pojok statistika yang akan didirikan oleh BPS di lingkungan kampus UNP. Pojok statistik adalah layanan baru dari BPS untuk sivitas akademis kampus khususnya mahasiswa mengenai penyediaan beragam informasi data dan metode pengolahan data yang bersumber dari data BPS.
Pojok statistika juga melayani konsultasi data dan pengelolaannya khususnya dalam untuk penelitian mahasiswa dan dosen. Pojok ini merupakan perpanjangan tangan BPS di lingkungan kampus. Dengan pojok statistic diharapkan adanya penyebaran statistik dan meningkatkan melek statistik terhadap masyarakat khususnya sivitas akademis kampus.
Kampus UNP terpilih sebagai lokasi didirikannya pojok statistik oleh BPS pusat. Pemilihan ini sebagai realisasi kerjasama antara BPS Sumbar dengan FMIPA khususnya jurusan statistika. Hubungan yang intens selama ini antara Jurusan Statistika dengan BPS menjadi alasan dipilihnya kampus UNP sebagai lokasi pojok statistik BPS. Pojok Statistik di UNP adalah pojok statistik ke tiga yang didirikan oleh BPS pusat di lingkungan kampus setelah kampus Unhas dan USU.
Nantinya menyusul pojok statistika ITS dan kampus lainnya. Bagi UNP, Pojok statistik ini akan menjadi tambahan fasilitas yang ada di perpustakaan pusat UNP setelah pojok Timteng, pojok KPK, dan lainnya. Pojok Statistik UNP akan ditempatkan di lokasi strategi di lantai 2 Perpusatakaan pusat sehingga mudah dijangkau, dilihat, dan dikunjungi oleh semua mahasiswa dan dosen selingkungan UNP yang datang ke perpustakaan pusat.
Pertemuan ini juga membicarakan teknis persiapan khususnya proses mendekor ruangan, penyediaan meubeler, dll yang seluruh pembiayaannya ditanggung oleh BPS pusat. Sedangkan pihak UNP hanya menyediakan lokasi. Pendekoran akan direncanakan pada tgl 17-21 Mei 2021 oleh BPS Sumbar dan dilakukan kunjungan tgl 22 Mei 2021 oleh pihak BPS pusat. Gambar-gambar setingan pojok statistika juga diperlihatkan pada  pertemuan ini.
Pertemuan ini juga menyinggung tentang Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BPS Sumbar-FMIPA yang baru dan merupakan update dari PKS tahun 2019. Pada PKS yang baru ini, sudah dicantumkan layanan pojok statistik sebagai salah satu pasal baru. PKS ini akan menjadi landasan yang lebih kuat dilaksanakannya berbagai kerjasama secara riil antara UNP dengan BPS Sumbar.
Direncanakan peresmian pojok statistik UNP akan dilangsungkan pada awal bulan Juni 2021 oleh Gubernur Sumbar dan perwakilan BPS pusat bersamaan dgn peresmian nagari-nagari statistik di Sumbar.  Dari pihak UNP peresmian ini direncakanakan dihadiri oleh rektor dan jajaran FMIPA sebagai lini terdepan kerjasama UNP-BPS. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here