Asisten I Setdako Pariaman Buka PelatihanTekhnis Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air

0
491
ads
Padang TIME – Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang, menggelar “Pelatihan Tekhnis Pencarian Dan Pertolongan Di Permukaan Air (water rescue) Tahun 2022 di Kota Pariaman.
Kegiatan melibatkan 50 orang peserta pelatihan terdiri dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, dan Organisasi Kemasyarakatan.
Pelatihan yang dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 18 s/d 24 Maret 2022, digelar di BP PAUD dan DIKMAS Kota Pariaman, Sabtu (19/3).
Acara Pelatihan dibuka resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar, yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten I Setdako Pariaman Yaminu Rizal.
“Pelatihan ini kami harapkan bukan sesuatu yang dilaksanakan hanya sekali setahun saja, kalau bisa dilakukan secara berkala yang dilaksanakan di spot-spot pariwisata, yang memang menjadi tujuan atau kunjungan wisata di Sumatera Barat khususnya di Kota Pariaman, jadi secara tidak langsung kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan wisatawan, kalau wilayah tersebut terjaga keamanannya”,terang mantan Kalaksa BPBD Kota Pariaman ini.
“Saya berharap melalui pelatihan seperti ini, akan dapat meningkatkan potensi dan kemampuan personal dalam berkoordinasi dengan potensi pencarian dan pertolongan, serta mampu mengantisipasi bila terjadi musibah dan bencana yang terintegrasi secara massif, sehingga pelayanan pencarian dan pertolongan dapat terlaksana secara tepat dan optimal di tengah-tengah masyarakat”, ujarnya.
“Bapak Walikota Genius Umar berpesan, tolong  simak pelajaran yang diberikan oleh Narasumber,agar  seluruh peserta mampu mangaplikasikan materi, teori, dan keterampilan yang didapat untuk keperluan teknis operasional di lapangan, hal tersebut sangat dibutuhkan guna menangani kecelakaan yang terjadi, agar pelayanan SAR yang diberikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tepat dan optimal”, ungkap Yaminu Rizal.
Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang Asnedi menyebutkan bahwa, tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan tekhnis SAR kepada potensi SAR, dalam melaksanakan pencarian pertolongan korban di perairan, sehingga bisa diterapkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesungguhnya nanti, tegas Asnedi.
Untuk materi pelatihan,akan diberikan materi secara teori, diskusi, dan praktek. Acara ditutup dengan menyematkan tanda peserta oleh Yaminu Rizal kepada perwakilan peserta pelatihan, dan pemberian cendera mata dari  Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Padang, kepada Pemerintah Kota Pariaman yang diwakili oleh Yaminu rizal. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini