Padang TIME.com-Pasaman Barat -Polres Pasaman Barat ( Pasbar) mengelar apel gabungan Siaga Bencana Bencana tahun 2020 dengan tema kita tingkatkan sinergisitas TNI Polri dengan isntansi terkait penanggulangan bencana dan konflik sosial di Kabupaten Pasbar, Rabu (29/1).

Apel Gabungan Siaga Bencana ini dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat H.Yulianto beserta instansi terkait Yakni, BPBD, Basarnas, Satpol PP, PMI, TNI, dan Pemadam kebakaran.

Polres Pasbar AKBP Fery Herlambang dalam amanatnya menyampaikan bahwa konflik sosial yang berpengaruh kepada keamanan dan ketertiban perlu ditangani dengan serius. Konflik sosial sangat berpengaruh kepada keamanan dan ketertiban masyarakat di Pasbar.

“Yang menjadi perhatian kita yakni tangggap bencana, dalam hal ini saya mengucapkan terima kasih kepada BNPB, Basarnas, BPBD atas dedikasi dalam menangani bencana dan kemanusiaan yang sudah berjalan selama ini,” jelas Polres Pasbar.

Selanjutnya, Ia juga meminta agar meningkatkan dan mengintegrasikan dalam menangani bencana. Penyelenggaraan penanganan bencana dengan anggaran yang memadai secara tepat, cepat dan bertanggung jawab.

Meningkat kapasitas sumber daya melalui pelatihan, meningkatkan data informasi dan pelaporan bencana. “Saya mengajak seluruh lapisan Masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan juga meningkatkan hubungan antar instansi terkait,” Ujar Fery Herlambang.

Dilain tempat, Bupati Pasbar H.Yulianto juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada, karena musibah ataupun bencana tidak bisa ketahui kapan dan dimana terjadi.

” Karena cuaca saat ini begitu ekstrim, kita menghimbau agar masyarakat tetap selalu waspada, karena daerah kita rawan terhadap bencana alam seperti banjir dan longsor,” Ungkapnya. (De)

Balang

LEAVE A REPLY