Anggota TNI Satgas TMMD Reguler ke-103 Kodim Rembang Berikan Pelajaran Sekolah

529

PadangTIME.com – Rembang , Anggota TNI Satgas TMMD Reguler ke-103 Kodim Rembang memberikan materi pelajaran Sekolah kepada murid-murid SDN 01 Desa Pasedan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Anggota Satgas TMMD, Serda Umarsaid mengatakan, bahwa pelaksanaan TMMD Ke-103 Kodim 0720/Rembang yang digelar di Desa Pasedan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, merupakan tempat wilayah desa binaannya. “Dengan demikian saya juga ikut berkontribusi kepada masyarakat melalui sasaran non fisik berupa mengajar di SDN 01 Pasedan ini,” ujar Umarsaid.

“Pelajaran yang diberikan, sesuai kemampuan mereka yang masih duduk di kelas tiga sekolah dasar. Dengan pendampingan Guru, Umarsaid memberikan pelajaran ilmu-ilmu dasar matematika dan bahasa Indonesia, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan kepada murid-murid tersebut,” tambahnya. Senin (08/10/18)

Dalam kesempatan yang sama, Wadan Satgas TMMD Ke-103, Kapten Cpl Rusdi mengungkapkan, bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, di mana pendidikan dapat menyongsong kehidupan yang cerah di masa depan, baik bagi diri sendiri, sosial, lingkungan, agama, terutama bagi nusa dan bangsa. “Tanpa adanya pendidikan, kualitas manusia juga akan sangat rendah, yang juga akan berpengaruh pada kualitas berbangsa dan bernegara,” ungkap Rusdi.

Sementara Kepala Sekolah SDN 1, Bapak Munawir SPd, mengucapkan syukur adanya gelaran program TMMD di Desa Pasedan ini, bukan hanya pembangunan saja yang diberikan, tetapi TNI Kodim Rembang juga peduli dengan anak-anak Desa Pasedan dengan memberikan ilmu pengetahuan dasar kepada mereka. “Semoga kebaikan bapak TNI yang bergabung di Satgas TMMD ke-103 dibalas oleh Allah SWT, Amiin,” ungkapnya. (0720)
[8/10 11.05] ‪+62 822-2588-0169‬: Keceriaan Siswa SDN 1 Pasedan Bersama TNI

Rembang – Ada yang menarik diperhatikan di lokasi TMMD Deasa Pasedan Kec. Bulu Kab. Rembang saat ini, ketika sejumlah anggota satgas TMMD Kodim Rembang bersama warga yang sering melakukan karya bhakti perbaikan jalan yang rusak di kampung tersebut. Senin (08/10/18

Terlebih, di saat ada seorang anggota TNI yang “Asyik bermain dan berlarian” di sela sela kegiatan yang padat, sempat juga bermain bersama anak-anak SDN 1 Pasedan, seolah mendapat hiburan baru di sekolah. Semula mereka takut melihat tentara sekarang dengan adanya sapa ramah dan selalu memberikan senyum para anggota satgas TMMD, anak-anak itu semakin akrab dan dekat dengan TNI.

Tidak jarang antara TNI dan anak-anak di Dukuh Ngotoko Desa Pasedan, saling ngobrol bahkan terlihat seperti kawan akrab yang sudah lama tidak pernah ketemu. Di kesempatan itulah Anggota Satgas TMMD memanfaatkan untuk mengenalkan dunia tentara kepada anak-anak, termasuk mengenalkan apa tugas sehari-harinya.

Dan diinformasikan, bahwa TNI itu asalnya dari rakyat, dan dalam bertugas sehari-hari selalu dekat dengan rakyat untuk bersama-sama membangun NKRI. Bahkan begitu akrabnya para personil Satgas TMMD Kodim 0720/Rembang dengan anak-anak, banyak dari mereka yang menyatakan kelak kepingin jadi tentara.

Ardiansyah salah satu anak Dukuh Ngotoko yang masih duduk di bangku SD kelas 3, secara polos mengungkapkan bahwa ternyata pak tentara itu tidak galak, atau kejam bahkan mau menjadi temen anak-anak kecil. (0720)
[8/10 11.42] ‪+62 822-2588-0169‬: Asyik Main Bareng Siswa SD Pasedan

Rembang – Di sela-sela tugas menjadi anggota Satgas TMMD Reg. ke-103, upaya untuk mewujudkan kemanunggalan dengan masyarakat juga selalu dilakukan.
Seperti yang dilakukan personil Satgas TMMD Reg.ke -103 Kodim 0720/Rembang, Serda Widadi. senin (08/10/18).

Melihat anak-anak SDN 1 Pasedan sedang melaksnakan kegiatan olah raga di halaman sekolah, dirinya selalu menyempatkan diri untuk bermain dan olah raga bersama anak-anak. Dengan Fisik terjaga maka pekerjaan TMMD bisa terlaksana dengan baik, tegas Widadi.

Sebagai TNI aktif, dirinya menyadari kalau tentara berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan bekerja hanya untuk rakyat.”Berbagai upaya dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan supaya TNI selalu manunggal dengan rakyatnya,” tidak menutup kemungkinan bersama dengan anak-anak sekolah,ucapnya.

Sementara itu, seorang bocah, Amirudin mengaku sangat senang bermain dengan Anggota Satgas TMMD saat ini, dirinya juga mengaku kalau dulu sebelum ada Satgas TMMD setiap berpapasan dengan tentara pasti lari karena takut.
“Ternyata om om tentara tidak seperti yang saya bayangkan, kalau sudah besar nanti aku ingin jadi tentara dan ingin mengabdi kepada bangsa Indonesia, seperti om om tentara itu.” kata bocah yang masih duduk di bangku kelas enam itu.
[8/10 12.22] ‪+62 822-2588-0169‬: Bambu Komuditas Tambahan Di Desa TMMD

Rembang – Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa ) Reguler ke – 103 Yang Di Laksanakan Kodim 0720/Rembang sanggat berpengaruh bagi masyarakat Dukuh Ngotoko Desa Pasedan, disamping bertani dan beternak membuat anyaman yang terbuat dari bahan baku bambu salah stu kegiatan guna tambahan penghasilan sehari – hari.Senin (08/10/18)

Seperti salah satu warga Desa Pasedan Rt 04 Rw 05 Dukuh Ngatoko Mbah Sumarsih 67 tahun , Mbah Sumarsih dalam kesehariannya membuat anyaman bambu untuk mencukupi kebutuhan hidup, kegiatan ini sudah sekian tahun dilakukan untuk mengisi waktu tuanya. Tutur Sumarsih.

Mbah Sumarsih dan Suaminya sanggat gembira karna di sela sela beliu menganyam bambu ada Bapak Anggota TNI Satgas TMMD Serda Wiji, salah satu Anggota Koramil 05/Bulu yang tidak Sungkan duduk di sebelahnya Mbah Sumarsih , berbincang tentang gimana caranya membuatnya anyaman bambu dan cara menjualnya, Mbah Sumarsih Tidak canggung ngasih tau bagaimana proses cara pembuatannya ke Serda Wiji .

Anyaman seperti ini perlu di kembangkan dalam era globalisasi sekarang, pundi-pundi rupiah akan segera mengalir melalui anyaman bambu, apalagi jalan akan segera di bangun dan di cor melaluli TMMD Kodim 0720/Rembang sehingga akses keluar masuk untuk membawa hasil kerajinan ke luar atau ke kota bisa lancar, perekonomianpun berkembang di Desa Pasedan.Jelas Wiji. (0720)
[8/10 12.47] ‪+62 822-2588-0169‬: Tak Lelah Pastikan Jarak Sasaran TMMD

Dalam rangka pencapaian hasil yang maksimal perlu adanya kerjasama yang baik antar semua elemen dan tetunya tidak terlepas dari pengawasan dan peninjauan dalam pelaksanaan kegiatan. Dalam pelaksanaan giat pra TMMD Reguler ke – 103 Kodim 0720/Rembang, Pasiter Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Wardiana selalu mengecek mulai dari pengukuran jalan, material yang digunakan sampai dengan pelaksanaan pengecoran jalan. Senin (08/10/2018)

“Sesibuk apapun, saya berusaha meluangkan waktu untuk cek ke lokasi sejumlah sasaran TMMD Reguler ke – 103 Kodim 0720/Rembang di Desa Pasedan Keamatan Bulu Kabupaten Rembang, terutama di jalan yang menjadi salah satu sasaran pengecoran secara fisik,” jelas Pasiter.

“Ini semua demi kusuksesan Program TMMD secara optimal, sehingga nantinya jalan dapat bermanfaat bagi Masyarakat, awet dan tidak cepat rusak, perekonomian mingkat setelah adanya Pragram TMMD di Desa Pasedan, tambah Pasiter.

Tanpa mengenal lelah Pasiter Kodim 0720/Rembang naik turun kendaraan, meastikan ukuran per ukuran jalan yang akan segera di bangun, dari Dukuh Ngotoko ke Desa Pasedan yang kurang lebih berjarak 2,3 km. (0720)
[8/10 13.25] ‪+62 822-2588-0169‬: Terhuyung Dengan Kayu Bakar Dan Rumput Dipundaknya
Rembang – Dilaksanakan kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0720/Rembang di Desa Pasedan Kec. Bulu Kab. Rembang dan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengerjakan pekerjaan atau sasaran yang cukup berat yang biasanya diperkirakan tidak selesai dikerjakan selama TMMD berlangsung. Senin ( 08/10/18)
Dalam Pra TMMD ini sangat membantu pencapaian sasaran yang diinginkan karena dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa yang diharapkan adalah, pememerintah daerah dapat mendukung secara maksimal baik penyiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan maupun pengerahan tenaga kerja yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan pelaksanaan Pra TMMD yang secara resmi dilaksanakan di Desa Pasedan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang oleh Kodim 0720/Rembang.
Kegiatan TMMD ini juga merupakan landasan yang mendasar dalam menjiwai cita-cita perjuangan bangsa Indonesia sebagaimana termuat dalam pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.
Masyarakat Desa Pasedan dengan semangat dan penuh haraf bisa segera minikmati jalan yang layak, guna beraktifitas sehari-harinya dan memberikan dampak yang luas bagi desanya. Salah satu warga Desa Pasedan Bapak Nyaman dengan terhuyung memikul kayu bakar dan rumput mengatakan “ Kami Butuh Jalan Yang Bagus Pak “. Tegasnya. (0720)

Balang

LEAVE A REPLY