ad
Padang TIME – Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas menilai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumbar 2021-2026 tidak sesuai Permendagri 86/2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.
Nurnas mengatakan RPJMD setebal hampir 419 halaman itu setelah dibaca halaman per halaman ternyata ditemukan isinya ada yang copy paste (copas) dari RPJMD Kota Padang.
“Geli saya menyigi RPJMD Sumbar Madani yang disusun oleh orang hebat yang saya kenal selama ini. Orang-orang qualified. Ternyata, isinya ada copy paste dari RPJMD Kota Padang,” ungkap Nurnas kepada wartawan di Padang, Senin (19/7/2021).
Sebagai anggota Panitia Khusus (Pansus) RPJMD Sumbar, Nurnas menegaskan bahwa seharusnya pemprov mempedomani Permendagri. Pasalnya, fakta dari dokumen RPJMD itu Bab per Bab-nya tidak sinkron.Nurnas menyontohkan antara Bab II dengan Bab IV.
“Pada Bab II disebutkan air Danau Maninjau rusak tercemar, eh pas di Bab IV kok nggak dipermasalahkan.
Silakan copas, tapi ubah kalimatnya lah, sesuaikan dengan kondisi riil. Kalau nyontek habis dan dibawa ke Sumbar, maka makna dan implementasinya akan berbeda,” jelasnya.
Ditambahkannya, RPJMD itu terdiri dari 9 Bab. Pada Bab IV topik permasalahan dan Isu Strategis, tidak nyambung dengan Bab II sebelumnya berlawanan.
“Contohnya, soal Bina Marga ke-PU-an saja sudah tidak sinkron,” beber politisi yang dikenal vokal ini.
Selanjutnya, Nurnas menyebutkan bahwa Tim Gubernur yang merancang RPJMD itu juga lupa. Dalam Buku Rancangan yang disampaikan gubernur, angka target pendapatan dan belanja tinggi, seperti di tahun 2026 sebesar Rp7,970 triliun. “Namun, setelah kita minta kajian ulang justru turun menjadi Rp7,898 triliun,” ungkapnya.
Menyikapi temuan ini, dia mendorong Pansus supaya melakukan tugas pengkajian terhadap RPJMD secara komprehensif sesuai dengan kondisi riil.
“Apalagi RPJMD ini akan jadi acuan dalam penyusunan program, kegiatan dan penganggaran lima tahun ke depan. Jadi, Pansus tidak menjadi editor terhadap naskah ini,” tegas politisi senior Partai Demokrat Sumbar itu. (idr/pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here