ad
PadangTIME.com – Sebanyak tujuh orang dosen UNP yang telah mengikuti program STOLS for ITTEP di Jepang sejak tahun 2013 sampai 2019 menggagas terbitnya jurnal ilmiah yang diberi nama Journal of Learning Improvement and Lesson Study (JLILS).
Sebagai langkah awal, dilaksanakan pelatihan dewan redaksi pada tanggal 23April 2021 secara daring dengan narasumber Kepala Pusat Publikasi, LP2M UNP yaitu Ifdil, M. Pd., Kons., Ph.D. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh ketua LP3M UNP, Prof. Dr. Jamaris, M. Pd dan dihadiri oleh dewan redaksi dan alumni STOLS for ITTEP Japan.
Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran, LP3M UNP, Dr. Nofrion, M.Pd dalam paparannya menyampaikan bahwa ide penerbitan jurnal ilmiah ini bermula dari diskusi dengan sesama alumni STOLS dari UNP yang dimotori oleh Prof. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph. D yang juga direktur Pascasarjana UNP.
Pengembangan pembelajaran baik pengembangan pada aspek perencanaan, metode dan model, media, penilaian dan hal-hal lain terkait pembelajaran yang dilakukan ole pendidik semestinya harus dipublikasikan kepada publik agar lebih bermanfaat.
Tujuh orang dosen UNP alumni STOLS for ITTEP JICA Japan adalah Dra. Fitrani Dwina, M. Ed, Dr. Yuli Tiarina, M. Pd, Dr. Nofrion, M. Pd, Dr. Marwan, M. Si, Dr. Delmira Syafrini, M. Si, Dr. Muhyiatul Fadilah, M. Si, Prof. Dra. Yenni Rozimela, M. Ed., Ph.D, serta Dr. Zul Amri, M. Ed yang merupakan Tim LSLC Pusat dari UNP.
Narasumber kegiatan, Ifdil, M. Pd,. Kon., Ph.D menjelaskan bahwa pada tahap awal pengelola jurnal harus menentukan level atau klasifikasi jurnal nantinya apakah jurnal nasional atau jurnal internasional dengan memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Lebih lanjut dikatakan bahwa pengelola jurnal harus memiliki semangat berkolaborasi agar jurnal dikelola dengan professional sehingga menjadi jurnal yang kredibel. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here