Padang TIME.com-Warren Buffett akhirnya menjual semua saham maskapai penerbangan imbas Covid-19 yang mengakibatkan industri penerbangan dunia turbulensi dari sisi pendapatan dan jumlah penumpang.
Buffett yang dikenal sebagai value investor memiliki saham senilai USD4 miliar di berbagai maskapai, termasuk United, American, Southwest, dan Delta Airlines. Kini Berskhire Hathaway, yaitu perusahaan investasi milik Buffet tak memiliki lagi memiliki saham di berbagai perusahaan tersebut setelah dijual.
“Dunia telah mengubah wajah industri penerbangan, dan saya harap itu mengubahnya dengan cara yang tepat. Saya tidak tahu apakah orang-orang Amerika telah mengubah kebiasaannya atau akan mengubah kebiasaan setelah perpanjangan lockdown,” kata Buffett pada Minggu (3/5/2020) waktu setempat.
Diakui buffett industri penerbangan menjadi salah satu sektor yang terpukul paling berat dengan kebijakan lockdown yang jauh di luar kontrol Buffett. Oleh karena itu, dirinya melepaskan saham tersebut karena melihat prospeknya yang terus turun.
Sekadar diketahui, per 31 Desember 2019, Berskhire tercatat memiliki 10% saham American Airlines, 9,2% saham Delta, 10,1% saham Southwest, dan 7,6% saham United.
Sepanjang 2020, keempat harga saham tersebut anjlok masing-masing 62,9%, 58,7%, 45,8%, dan 69,7%. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY