PadangTIME.com – Tanah Datar – Tidak salah jika Batusangkar,Tan  Bumi Luhak Nan Tuo dijuluki sebagai Kota Budaya dan Kota Wisata .Tidak sedikit kekayaan wisata maupun budaya yang memiliki nilai kebudayaan dan estetik yang tinggi terdapat di Kabupaten Tanah Datar.
Mulai dari Istano Basa Pagaruyung,Nagari Tuo Pariangan yang sudah termashur sampai ke manca negara sampai objek-ojek wisata lain di nagari-nagari yang belum sempat terjamah oleh perhatian Pemerintah.
Namun saat ini Pemerintah Nagari sudah mulai melakukan upaya untuk memberdayakan potensi-potensi yang ada di nagari dengan harapan kedepannya bisa menjadi nilai jual yang bisa mendatangkan keuntungan bagi nagari itu sendiri.Salah Satunya di Nagari Koto Baru,Kecamatan Sungai Tarab.
Di daerah ini terdapat objek wisata alam dengan pemandangan yang masih asli dan memiliki nilai-nilai budaya.Pemerintah Nagari Koto Baru baru-baru ini sedang mengusahakan membuka akses objek wisata Air Terjun Kamba yang berlokasi di tengah hutan pinggiran,Nagari Koto Baru,Kecamatan Sungai Tarab,Kabupaten Tanah Datar.
Bekerjasama dengan masyarakat, Nagari mengadakan Swadaya Goro membuka akses jalan menuju objek wisata yang yang terletak di lereng Gunung Merapi tersebut. Objek wisata Air Terjun Kamba yang dibuka sekitar setengah tahun yang lalu tersebut,saat ini sudah mulai diketahui oleh masyarakat.Tak sedikit masyarakat terutama anak-anak muda yang berkunjung ke Air Terjun tersebut meski hanya sekedar ingin menikmati keindahan pemandangan alam di sana.
Objek Wisata Air Terjun Kamba ini memiliki daya tarik wisata yang cukup unik dan mempunyai nilai-nilai sejarah perjuangan masa lalu.Dipadu dengan kombinasi pemandangan yang indah dan menawan,serta masih asli nuansa alamnya menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.
Menurut keterangan Sekretaris Nagari Harmadi menjelaskan bahwa kedepannya Pemerintah Nagari akan berusaha memajukan dan mengembangkan wisata Air Terjun Kamba tersebut sehingga dapat mendatangkan incame bagi nagari dan juga masyarakat KotoBaru khususnya. Tidak hanya itu,Harmadi juga mengatakan bahwa Pemnag juga akan memberdayakan icon-icon wisata lainnya yang ada di Nagari Koto Baru.
“Mudah-mudahan kedepannya objek wisata ini bisa menjadi icon wisata daerah yang dapat mendatangkan pemasukan bagi Nagari dan juga membuka peluang kerja/usaha bagi masyarakat khususnya Koto Baru” ungkap Harmadi,saat berbincang dengan awak media,Kamis 16 Januari 2020.
Lebih lanjut Harmadi mengatakan bahwa Pemerintah Nagari dan masyarakat Koto Baru khususnya sangat mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah setempat agar memperhatikan dan memberdayakan potensi-potensi yang ada di Nagari-Nagari,sehingga kedepannya nagari-nagari di Kabupaten Tanah Datar bisa menjadi nagari yang mandiri yang memiliki pemasukan dana sendiri dari hasil pengelolaan potensi-potensi yang ada di nagari masing-masing. (PT/MR)
Balang

LEAVE A REPLY