Agar Laut Tetap Lestari, Pengawasan Potensi Bahari Harus Dimaksimalkan

0
591
PadangTIME.com – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang termasuk sebagai salah satu daerah yang memiliki kekayaan laut dan pesisir pantai yang panjang, dituntut harus mampu menjaga dan melestarikan potensi tersebut.
Harapan itu disampaikan karena potensi itu diyakini mampu memberikan kontribusi yang besar kepada daerah, terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakatnya.
Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Senin (4/1) terkait besarnya potensi bahari yang dimiliki oleh daerah itu di sektor kebaharian.
Ditegaskannya bahwa daerah itu akan terus  berupaya meningkatkan pengawasan terhadap praktek-praktek yang dapat merusak ekosistem laut.
Pengawasan yang dilakukan diantaranya, pencurian ikan dengan menggunakan bom dan racun, pencemaran,  sedimentasi, penambangan, pembangunan konstruksi pantai dan lainnya.
“Upaya itu perlu dilakukan, sebab bila ekosistem laut rusak, akan berimplikasi terhadap penurunan kualitas lingkungan untuk sumberdaya ikan. Termasuk juga erosi pantai yang bisa memicu terjadinya kerusakan pada tempat pemijahan dan daerah asuhan ikan, berkurangnya populasi benur, nener dan produktivitas tangkap udang,” katanya.
Ditambahkannya bahwa untuk mereduksi tingkat kerusakan ekosistem laut berupa terumbu karang dan penyu, beberapa pulau di daerah itu telah pula ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD).
Pulau-pulau itu antara lain, Pulau  Penyu, Karabak Ketek, Karabak Gadang, Aur Besar dan Pulau Aur Kecil.
Diungkapkannya bahwa di beberapa pulau itu sekarang telah dibangun pula sarana dan prasarana pendukung kegiatan konservasi, dan untuk tempat penangkaran penyu, pos jaga dan dermaga.
“Kegiatan penangkaran penyu bertujuan agar setelah tukik menjadi dewasa dapat dilepas kembali ke perairan umum atau laut. Sedangkan kegiatan transplantasi terumbu karang telah dilakukan pula di sejumlah pulau seperti Aur Besar dan Aur Kecil,” sebutnya.
Karena berbagai upaya itu, sehingga dia berharap kepada seluruh elemen yang ada di daerah itu agar menjaga kelestarianya.
“Sebab potensi yang cukup besar itu, memang dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata serta budidaya perikanan,” ingatnya mengakhiri. (nz)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here