Wako Pariaman Kukuhkan Pengurus Forikan Kota Pariaman Periode 2022 – 2025

0
719

PadangTIME.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar mengkukuhkan sekaligus melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kota Pariaman Periode 2022 – 2025 bertempat di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Selasa (6/12).

Pada kesempatan tersebut, Genius Umar mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh anggota Forikan Kota Pariaman yang telah dilantik. Dengan dibentuknya kepengurusan Forikan Kota Pariaman maka hendaknya dapat menjalankan program Pemerintah dan bisa terlaksana dengan baik.

“Forikan hendaknya menjadi pelopor masyarakat di Kota Pariaman supaya minat makan ikan dapat semakin meningkat apalagi Kota Pariaman berada di pesisir pantai yang memiliki jumlah ikan yang banyak, sehingga dengan banyaknya mengkonsumsi ikan dapat membuat anak menjadi pintar dan sekaligus menurunkan tingkat stunting di Kota Pariaman,” ujarnya.

Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang berada di pesisir pantai. Oleh sebab itu, potensi hasil perikanan dan kelautannya sangat melimpah. Dalam rangka pemanfaatan hasil perikanan tersebut, maka Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman telah melaksanakan kegiatan yang mendukung peningkatan konsumsi ikan di Kota Pariaman bersama-sama dengan Forikan(ForumPeningkatan Konsumsi Ikan) Kota Pariaman.

“Semoga saja kedepannya masyarakat Kota Pariaman akan lebih gemar konsumsi ikan. Untuk forikan Kota Pariaman, gencarkan sosialisasi gemar makan ikan sehingga nantinya tidak ada lagi anak – anak bahkan remaja yang tidak suka dengan ikan, “ ungkapnya.

Sementara itu Ketua forikan Kota Pariaman Lucyanel Arlym usai pelantikan mengatakan bahwa forikan merupakan Lembaga resmi yang dibentuk untuk akselerasi GEMARIKAN. Forikan memiliki arti yang sangat penting dalam menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan, dimana Tahun 2022 ini tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kota Pariaman sementara sebesar 44%.

“Hari ini pengurus forikan Kota Pariaman telah dikukuhkan dan dilantik. Forikan inilah yang menjadi fondasi dalam mensosialisasikan gerakan makan ikan sesuai dengan visi Forikan yaitu mewujudkan masyarakat Kota Pariaman lebih sehat, cerdas dan berkualitas dengan mengkonsumsi ikan setiap hari dalam menu keluarga, serta dengan misi Forikan yaitu menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan sehari-hari, dan mengoptimalkan penyediaan sumber daya ikan dan olahannya ditengah masyarakat, “ ungkapnya.

Adapun program kerja Forikan Kota Pariaman yaitu mengadakan sosialisasi gemarikan, melaksanakan pemberian tambahan makan ikan pada PAUD se-Kota Pariaman dan membuat brosur/informasi gemarikan setiap tahun.

“Diharapkan pengurus yang terlibat agar dapat terus menjaga kekompakan dan amanah dalam memikul jabatan yang telah diberikan, sehingga visi dan misi forikan Kota Pariaman dapat terwujud, “ tutupnya.(dewi lestari)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini