Tingkatkan Ketangguhan dan Kurangi Resiko Bencana Banjir, BPBD Sumbar Gelar Aksi Bersih Sungai

0
441

Padang TIME.com –  Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat melaksanakan aksi bersih sungai di Bendungan Batang Kuranji (Segmen hulu) Kota Padang.

Dimulai dengan apel yang dipimpin Plt. Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Arry Yuswandi, aksi membersihkan sungai dari kayu-kayu yang menghambat aliran bendungan itu, diikuti tak kurang dari seratus relawan yang berasal berbagai stakeholder kebencanaan di Sumatera Barat.

“BPBD sumbar bekerjasama dengan stakeholder kebencanaan untuk mengurangi dampak potensi resiko banjir dengan kegiatan bersih sungai Batang Kuranji, dimulai dari hulunya di kawasan Universitas Andalas,” ujar Arry.

Usai dibersihkan, Ia mengatakan kayu-kayu yang menghambat aliran air bendungan kemudian akan diserahkan pada warga setempat untuk dimanfaatkan menjadi kayu bakar atau keperluan lainnya.

Tak hanya itu, menandai Hari Kesiapsiagaan Nasional tersebut, tepat pukul 10.00 WIB serine peringatan bencana tsunami di Kota Padang turut dideringkan. Hal ini dimaksudkan sebagai edukasi bagi masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami, sekaligus pengecekan rutin kelayakan serine.

Menurut Arry, pemerintah menyadari bahwa Sumatera Barat merupakan provinsi yang memiliki potensi resiko kebecanaan cukup tinggi, sehingga dituntut untuk siap menghadapi kemungkinan terburuk.

“Ketika siap membantu masyarakat, masyarakat juga teredukasi untuk siap menghadapi berbagai resiko bencana,” lanjutnya.

Ia berharap peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut dapat semakin membangun sinergitas dan komitmen insan kebecanaan, serta masyarakat untuk bersama membangun kesadaran pentingnya siaga bencana. (Dinas Kominfotik Prov. Sumbar)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini