Padang TIME.com– Situasi perkembangan virus corona atau covid-19 di Kota Padang terus bergerak. Dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Padang sampai saat ini per 9 April 2020 pukul 13.00 wib, tercatat jumlah yang terkonfirmasi positif terjangkit covid-19 sebanyak 15 orang. Kemudian negatif 9 orang, sembuh 2 orang dan menunggu hasil 4 orang dengan meninggal 1 orang.
Sementara untuk jumlah Pelaku Perjalanan dari area Terjangkit (PPT) sebanyak 3.371 orang menurun dibanding hari sebelumnya, Orang Tanpa Gejala (OTG) 228 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 38 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yakni 28 orang. Jumlah PPT sedikit menurun dibanding sehari sebelumnya.
Demikian disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Feri Mulyani dan Dirut RSUD dr. Rasidin Herlin Sridiani kepada wartawan di Media Center Balai Kota Padang, Kamis (9/4/2020).
“Adapun 15 orang yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kecamatan Padang Timur sebanyak 10 orang, Kecamatan Kuranji 2 orang, Kecamatan Padang Utara 1 orang, Kecamatan Koto Tangah 1 orang dan Kecamatan Lubuk Bagaluang 1 orang. Sementara kecamatan lainnya meski tidak ada yang terkonfirmasi positif tapi mendapati ada yang PDP. Sedangkan Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang Selatan, Nanggalo, Pauh dan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) nihil dari kasus covid-19,” terang wako.
Ia menjelaskan, untuk di Kecamatan Padang Timur sendiri dari 10 orang yang terkonfirmasi positif 5 orang berada di Kelurahan Jati, 3 orang di Kelurahan Sawahan, 1 orang di Kelurahan Andalas dan 1 orang di Kubu Marapalam.
“Selanjutnya di Kecamatan Kuranji 2 orang yang terkonfirmasi positif berada di Kelurahan Kuranji dan Lubuk Lintah. Selanjutnya di Kecamatan Lubuk Bagaluang yakni 1 orang di Kelurahan Tanjuang Saba Pitameh Nan XX, Kecamatan Koto Tangah 1 orang di Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto, dan di Kecamatan Padang Utara 1 orang berdomisili di Kelurahan Gunung Pangilun,” paparnya.
Mengingat perkembangan kasus covid-19 tersebut, Wali Kota Mahyeldi pun mengharapkan kepada seluruh warga Kota Padang untuk melaksanakan secara disiplin apa saja instruksi dan perintah yang harus dilaksanakan.
“Kita tentu berharap, dengan berbagai upaya dan kebijakan yang telah dilakukan sejauh ini akan mempersempit ruang gerak dan memutus mata rantai penularan covid-19 di Kota Padang. Semuanya juga butuh dukungan semua pihak terutama kerjasama dari masyarakat dalam menaati setiap imbauan dan instruksi yang diberikan. Itu semua demi keselamatan kita, keluarga dan seluruh warga masyarakat Kota Padang ini,” tukuknya mengakhiri.
Balang

LEAVE A REPLY