15 Juni, Pemkab Agam Gelar Renungan Suci di TMP Manggopoh

0
210
padangtime.com | Bupati Agam Dr. H. Andri Warman dan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah melaksanakan apel renungan suci di Taman Makam Pahlawan Siti Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu (15/6) pukul 00.00 WIB.
Kegiatan yang dipimpin inspektur upacara, Komandan Kodim 0304 Agam, Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE,M.TR itu turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Agam.
Meski diwarnai rintik hujan, pelaksanaan seremoni mengenang jasa para pahlawan Manggopoh itu berlangsung khidmat.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati peristiwa Perang Manggopoh setiap tanggal 15 Juni.
Selain itu apel renungan suci ini juga bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Perang Manggopoh, yang gugur dalam perjuangan merintis kemerdekaan.
Pada kesempatan tersebut Bupati Agam mengatakan, renungan suci yang dilaksanakan ini adalah semata-mata demi mengenang jasa pahlawan Perang Manggopoh.
“Karena dengan pengorbanan dan perjuangan Siti Manggopoh dan pahlawan perang Manggopoh lainnya yang berjuang untuk Republik Indonesia 114 tahun yang lalu,” ujarnya.
Selanjutnya disampaikan Bupati Agam, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, mari kita pelajari sejarah mengenai perjuangan beliau pada masa penjajahan Belanda.
“Minimal setiap tahun kita harus mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita,” tuturnya. (rh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini