Padang TIME – Sebanyak 113 rumah di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, menjadi penerima manfaat pemasangan Bionet Septic Tank. Hal tersebut ditandai dengan pemasangan secara simbolis oleh Camat Padang Barat Eri Sendjaya bersama sejumlah Forkompimca, Senin (19/10/2020).
Menurut Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya, program pemasangan Bionet Septic Tank berasal dari Dana Alokasi Khusus melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang.
Fajri menjelaskan, Bionet Septic Tank diberikan untuk rumah-rumah yang tidak memilik jamban atau yang sudah memiliki jamban namun tidak memiliki saluran pembuangan.
“Satu Bionet Septic Tank dapat digunakan lebih dari satu rumah (komunal) karena memiliki daya tampung yang besar,” ujarnya.
Selain itu, menurutnya, penggunaan septic tank ini juga ramah lingkungan karena dapat menghindari tercemarnya air tanah serta tidak berbau.
Dengan adanya program ini, dia berharap, dapat memenuhi kebutuhan jamban sehat bagi warga di kelurahannya. Sehingga tidak ada lagi warga yang tidak memiliki jamban maupun jamban yang saluran pembuangannya ke sungai maupun drainase. (NZ)
Balang

LEAVE A REPLY

28 − = 24