Wujudkan Desa Berkarakter Melalui Sosialisasi

70

Metro Padang.com  – Rembang ,Tujuan dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada hakikatnya adalah untuk membantu masyarakat dalam membangun sarana dan pra sarana yang ada di desa. Melalui kegiatan TMMD, TNI dan masyarakat akan bekerja sama bahu membahu membangun desa, sehingga dengan kedekatan itu akan semakin terjalin erat rasa persaudaraan TNI dengan rakyat. Sabtu (6/10/18).

Hal ini disampaikan oleh Danramil 10/Gunem Kapten Inf Bambang Sutejo selaku Ketua Tim Jurnalistik di lapangan Kodim 0720/Rembang, acara sosialisasi TMMD Reguler ke-103 TA 2018, yang berlangsung di Balai Desa Pasedan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.

Beliau ( Danramil 10/Gunem ) memaparkan tentang perihal rencana dan selama gelaran TMMD berlangsung yang antara lain, Rencana pembukaan TMMD Reguler ke 103 dimulai tanggal 16 Oktober 2018 dan berjalan sampai dengan selesai pada tanggal 14 Oktober 2018. Pembukaan badan jalan yang dilaksanakan pada (giat Pra), kemudian untuk sasaran TMMD berupa Rabat/cor jalan, rabat/cor jalan blog, pembangunan, pembangunan Talud, pembangunan gorong-gorong, rehab gedung PAUD, RLTH, Pos Kampling dan Jambanisasi, adalah bentuk sasaran fisik yang akan dilaksanakan pada TMMD Reg ke-103.

Sementara untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan Wasbang dan Belaneg, penyuluhan Narkoba, penyuluhan Kesehatan, pelayanan KB KES, pengobatan massal, penyuluhan hukum dan lainya.
[6/10 12.05] ‪+62 822-2588-0169‬: Air Berlimpah Di Desa Pasedan

Rembang –Di saat musim kemarau yang berkepanjangan yang banyak terjadi di hampir seluruh wilayah kabupaten Rembang yang kekuranggan Air .Tetapi kemarau panjang ini tidak berpenggaruh untuk Desa Pasedan karena Desa Pasedan Masih banyak terdapat sumber air bersih yang sangat berlimpah.(06/10

Seperti yang di lakukan salah satu warga Desa Pasedan yaitu ibu Martinah di sela sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, Ibu Martinah juga membantu menyiapkan sarana air untuk kebutuhan pelaksananaan pengecoran jalan dalam rangka TMMD Reguler 103 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2018.

Ibu Martinah menuturkan, sangat berterima kasih kepada Kodim 0720/Rembang yang telah memberikan bantuan Program TMMD Reg. Ke-103 di Desa Pasedan ini. Harapan saya selaku warga Desa Pasedan agar Program TMMD dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Pasedan pada umumnya dan Dukuh Ngotoko pada khususnya. Terutama akses jalan yang selama ini terisolir antara Desa Pasedan ke Dukuh Ngotoko,Tegasnya.
[6/10 12.05] ‪+62 822-2588-0169‬: Babinsa Pasedan Diwaduli Ada Warga Yang Melahirka Di Jalan

Rembang – Babinsa Desa Pasedan Sertu Umarsaid menjelaskan ada sebanyak 215 jiwa dan 68 kk, di Desa kami juga minim fasilitas dan minim juga tersentuh pembangunan khususnya jalan. Untuk ke Desa Pasedan saja, jaraknya sekitar 5 km dan medannya sangat sulit untuk di tempuh dengan kendaraan tegas Babinsa.(06/10/2018)

Tak heran jika musim kemarau tiba banyak debu berhamburan. Sedangkan di musim hujan, kubangan menghiasi di sepanjang jalan tersebut. Sehingga kondisi seperti ini memerlukan sentuhan pembangunan. sebab, jika jalan itu belum bisa dibangun, maka warga setempat akan kesulitan melakukan aktifitas.Baik mulai dari sekolah, mengantar orang sakit atau orang melahirkan bahkan katanya karena kondisi jalan yang rusak dulu sempat ada seorang warga yang melahirkan di tengah jalan. Dia tidak kuat karena guncangannya terlalu besar waktu hendak diangkut ke Rumah Sakit naik truck. Jalannya keriting dan bergelombang, jadi keguncang-guncang dan trucnya tidak kuat menanjak pula, hingga mbrojol anaknya di truck, Ujarnaya.

Kepala Desa Pasedan Bapak Kusman menuturkan, pembangunan PLN dan lainnya, sebenarnya sudah dilaporkan di Musrenbang tingkat desa, tingkat Kecamatan dan Kabupaten.” Namun semua usulan itu pastimnya yang mempertimbangkan ialah dari Instansi terkait. Terlebih pembangunan jalan ini memang dari Pemda dan Perhutani harus duduk bersama”. Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

12 − 4 =