Wako Pariaman Giat Tingkatkan Pariwisata Pariaman

250
sponsor

PadangTIME.com – Pariaman , Walikota Pariamam Genius Umar hadirkan Kabid Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Marhaen, untuk berbagi pengalaman sukses pembangunan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, di Balaikota Pariaman, Senin (12/11)

Pada kesempatan itu Marhaen menceritakan bahwa dahulu Kabupaten Banyuwangi bahkan dijuluki sebagai kota santet.

“Sebelumnya, Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan kota santet. Namun secara perlahan, Banyuwangi bangkit menjadi daerah tujuan wisata,” kata dia.

Saat ini, Kabupaten Banyuwangi menjelma menjadi kota tujuan wisata moncer di Indonesia. PAD nya meningkat pesat. Belum lagi berbagai prestasi yang didapat dalam inovasi birokrasi dan kepariwisataannya.

Banyuwangi dipimpin oleh Bupati Abdullah Azwar Anas. Bupati yang menjabat sejak 2010 itu berhasil membangun rasa pesimis menjadi optimis. Banyuwangi punya tagline ‘The sunrise of Java’ karena di Banyuwangi tempat pertama matahari terbit di Pulau Jawa.

Marhaen menjelaskan bagaimana seorang bupati memacu semangat kerja ASN nya melalui salat subuh.

“Kita bisa maju karena di tempat kita pertama kali adzan subuh berkumandang,” ujarnya.

Marhaen melihat bahwa Kota Pariaman sudah memiliki potensi luar biasa di bidang pariwisata. Jika ingin pariwisata maju, Pariaman harus mememiliki 3A, – Aksesibilitas. Kota Pariaman sudah memiliki aksesibilitas, yakni bandara yang cukup dekat.

Kedua, Amenitas, yakni fasilitas hotel, restauran dan sebagainya. Kota Pariaman memang belum memiliki hotel ternama, tapi tidak tertutup kemungkinan ada investor yang akan membangun hotel di sini.

Yang terakhir adalah Atraksi. Sebagai daerah wisata, Kota Pariaman harus memiliki atraksi seperti kesenian setiap hari. Oleh sebab itu iven yang banyak sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan.

Walikota Pariaman Genius Umar berharap ilmu dan pemaparan yang disampaikan oleh Marhaen mampu diserap oleh Kepala SOPD yang hadir.

“Serta menjadi motivasi dan komitmen untuk mengembangkan potensi pariwisata Kota Pariaman agar lebih dikenal luas,” ujarnya.

Dengan keberhasilan yang telah diraih oleh Kabupaten Banyuwangi, imbuh Genius, menjadi masukan bagi Pariaman untuk bisa berbuat hal yang sama. Walaupun Pariaman masih rendah dalam PAD dan SDM, tetapi jika komit dan bersatu, Pariaman bisa menjadi seperti mereka.

“Untuk memajukan Kota Pariaman tidak bisa sendiri, tanpa didukung oleh SOPD, legislatif dan seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Juned)

Balang

LEAVE A REPLY