Wako Padang Mahyeldi Disambut Dengan Tradisi Joko Kaha di Ternate

437

PadangTIME.com – TERNATE – Wali Kota Padang Mahyeldi mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate sekitar 15.30 WITA, didampingi Kabag Perekonomian/Plt Kabag Humas Edi dharma, Kabid ekonomi Bappeda Kota Padang Syahendri Barkah dan Kabid Promosi Dinas pariwisata Juni Nurzamza, Selasa (3/9/2019).

Wali Kota Padang Mahyeldi akan menghadiri acara Indonesia Creatiave Cities Festival (ICCF). Sebuah perayaan potensi jejaring kabupaten/kota Seluruh Indonesia serta kerjasama berkelanjutan. Kota Ternate di percaya menjadi tuan rumah ICCF yang ke 5 yang direncanakan berlangsung 2-7 September 2019.

Sampai Loby bandara, Wali kota Mahyeldi langsung di sambut Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Ibrahim Muhammad. Dikesempatan juga dilaksanakan Tradisi Joko Kaha. Tradisi ini merupakan penghormatan bagi tamu yang datang di Kota Ternate. Joko berarti ‘Injak’ dan Kaha berarti ‘Tanah’.

Tanah berumput diletakkan disebuah piring, kemudian tamu yang datang dipersilahkan meletakkan kakiknya. Selanjutnya kaki yang menginjak tersebut di cuci dengan air dan kemudian dilanjutkan dengan tabur beras. Tradisi ditutup doa bersama, berharap keselamatan selama menjalankan aktivitas di Kota Ternate. (ril).

LEAVE A REPLY