Wakil Ketua DPRD Guspardi Gaus : Pemerintah Sumbar Agar Tingkatkan Penerimaan Daerah

248
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Guspardi Gaus

PadangTIME.com – “Pemprov harus memacu pendapatan daerah, agar bisa maksimal. Penurunan PAD pada perubahan APBD tahun 2019 harus disikapi dengan menggenjot pendapatan,” kata Guspardi, Kamis (22/8/2019).

Menjelang akhir tahun anggaran, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Guspardi Gaus meminta pemerintah provinsi memacu penerimaan daerah. Pemprov harus bekerja maksimal agar penerimaan bisa terealisasi secara maksimal, untuk menyikapi turunnya proyeksi pendapatan daerah pada perubahan APBD tahun 2019.

Guspardi Gaus mengatakan dalam perubahan APBD tahun 2019 yang telah ditetapkan, terjadi penurunan proyeksi sekitar Rp123 miliar. Pendapatan daerah direncanakan pada APBD awal sebesar Rp6,728 triliun. Namun pada anggaran perubahan turun menjadi Rp6.605 triliun.

Guspardi mengingatkan pemerintah daerah bisa mengoptimalkan seluruh potensi sumber pendapatan daerah agar penerimaan bisa ditingkatkan. Misalnya pengelolaan aset daerah, penerimaan dari sektor pajak dan retribusi dan sebagainya.

“Langkah optimalisasi potensi harus dilakukan secara maksimal dalam rangka mendorong penerimaan daerah menjelang akhir tahun agar realisasi pendapatan bisa di atas proyeksi,” ulasnya.

Seperti diketahui, DPRD bersama pemprov Sumatera Barat telah menyepakati perubahan APBD tahun 2019 pekan lalu (Kamis, 15/8/2019). Pendapatan daerah diproyeksikan turun sekitar Rp123,5 miliar dari APBD awal sebesar Rp6,729 triliun menjadi Rp6,604 triliun. (tis)

LEAVE A REPLY