sponsor

Padang TIME.com-MANILA, Filipina, 25 November 2019 /PRNewswire/ — Data terbaru menunjukkan lonjakan investasi asing di Filipina yang mendapat izin Board of Investments (BOI) dalam dua hingga tahun mendatang.

Sejumlah investasi ini menjadikan Filipina sebagai tujuan investasi terkemuka. Sebagian besar investasi terwujud berkat transformasi digital yang berkelanjutan, serta gabungan dari program informasi dan teknologi informasi (TIK) serta infrastruktur.

Investasi asing yang memperoleh izin BOI pada akhir September 2019 tercatat sebesar US$ 4,7 miliar, naik 613% dari periode serupa pada tahun lalu yang tercatat senilai US$ 659, menurut data BOI. Nilai investasi yang mendapat izin per September 2019 mencapai US$ 15 miliar, atau mengalami kenaikan 105% dari periode serupa pada tahun sebelumnya.

Sektor pariwisata terus berkembang dengan nilai proyek perhotelan dan akomodasi yang mencapai US$ 186,3 juta, sementara, sektor manufaktur mengalami pertumbuhan konsisten. Nilai investasi di sektor ini tercatat sebesar US$ 1,24 miliar, naik 190% ketimbang tahun lalu.

Menteri Perdagangan dan Perindustrian merangkap Ketua BOI Ramon M. Lopez memuji kinerja tersebut, dan berkata: “Data tersebut menunjukkan berbagai proyek besar yang tengah digarap, membuktikan keunggulan dan daya tahan perekonomian Filipina dalam menarik investor asing meski di tengah perlambatan global. 

“Hasil investasi yang diraih menjadi pengakuan atas potensi Filipina sebagai tempat investasi asing yang terbaik sehingga bisnis dapat berkembang.”

Mengeksplorasi berbagai peluang investasi di Filipina

Kalangan investor dapat mengeksplorasi berbagai peluang bisnis di Filipina lewat ajang “Invest ASEAN 2019” di Busan, Korea Selatan, pada 25-26 November. Di ajang ini, BOI akan mewakili Filipina sebagai tujuan investasi terbaik seperti penilaian US News and World Report pada 2018.

Di ajang tersebut, BOI akan memperlihatkan sejumlah peluang di sektor-sektor prioritas: manufaktur, khususnya kendaraan listrik dan suku cadang otomotif; infrastruktur dan konstruksi; serta pariwisata.

“Pertumbuhan investasi ini, bersama sederet insentif seperti pembebasan dan pengecualian pajak pada impor komponen, menjadikan Filipina sebagai tujuan investasi yang luar biasa, serta pusat terpadu bagi para pelaku usaha di Asia dan wilayah lain,” tambah Lopez.

Balang

LEAVE A REPLY