Sapipun Ikut TMMD Selain Pertanian

383

PadangTIME.com – Rembang , Salah satu kegiatan warga Desa Pasedan Kec. Gunem Kab. Rembang yang akan diselenggarakan TMMD Reguler ke-103 adala beternak dan bertani yang memiliki peluang besar menjadi penopang perekonomian di Indonesia. Beberapa komoditi peternakan sudah diperhitungkan keberadaan dalam menguasai perekonomian rakyat, salah satu dari komoditi peternakan itu adalah sapi. sapi lokal asli Indonesia yang sudah ratusan tahun begitu dekat dengan petani Desa Pasedan. Keberadaan sapi sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan petani untuk swasembada pangan.(06/10/2018

Untuk memberdayakan ternak sapi di kalangan peternak di Desa Pasedan Babinsa Desa Pasedan Sertu Umarsaid menganggap memelihara sapi sebagai sebuah kesenangan dengan tujuan utama mereka adalah sebagai tabungan yang sewaktu-waktu bisa dijual untuk membiayai anak sekolah atau untuk keperluan lainya. “Memelihara Sapi juga dimanfaatkan untuk membantu dalam mengolah lahan pertanian, sebagai sarana upakara keagamaan, dan di daerah tertentu dipakai sebagai hiburan masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan jumlah sapi yang dipelihara setiap keluarga tani di Desa Pasedan, Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang rata-rata 1-4 ekor. Artinya sangat jarang yang memelihara sampai puluhan ekor. Ini disebabkan karena keterbatasan sumber pakan dan jumlah tenaga kerja.

Saat ini, petani dan peternak sapi sudah banyak yang membentuk kelompok-kelompok ternak sapi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, memperkuat permodalan, dan pelayanan dari pemerintah. “Penyuluhan yang merupakan ujung tombak dalam pembangunan pertanian dan peternakan memegang peran penting dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan sistem produksi Sapi,” paparnya.

Danramil 10/Gunem Kapten Inf Bambang Sutejo selaku Ketua Tim Jurnalistik dilapangan dalam rangka TMMD Reguler ke-103, menyebutkan keberadaan para peternak sapi selain kesibukannya bertani, di Desa Pasedan haruslah selalu memperhatikan kesehatan dan meningkatkan produktifitas sapi itu sendiri. Dengan cara mendatangkan atau kerjasama dengan Dinas Peternakan dari Kecamatan maupun dari Kabupaten Rembang guna memberikan penyuluhan tentang peternakan khususnya sapi. Tegasnya.

Menurutnya, hal-hal yang penting yang menjadi peran penyuluh dari segi pembinaan kelembagaan diantaranya sebagai fasilitator untuk membangun kelembagaan yang kuat dan kokoh. Dan dari segi produksi penyuluh bida memperkenalkan teknologi produksi yang terbaru dan mampu meningkatkan produksi. Sementara dari segi pemasaran penyuluh berperan memberikan imformasi tentang kondisi pasar, harga, dan kebutuhan pasar sehingga petani dapat terhindar dari kerugian.(0720)

Balang

 Hubungi Untuk Pendaftaran  Atau Hal Penting Lainnya

Telepon: 081275511555 / 081371195735




LEAVE A REPLY

19 − 16 =