Padang TIME.com– kedatangan Presiden Joko Widodo ke UAE, Menko Luhut B Pandjaitan mengatakan bahwa Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) menyatakan bersedia untuk menjadi Ketua Dewan Pengarah pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia.

“MBZ akan menjadi ketuanya dengan dua orang anggota, yaitu Masayoshi Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Di atasnya ada Presiden Joko Widodo yang akan menjadi Penganggung Jawab,” kata Menko Luhut usai mendampingi Presiden Joko Widodo bertemu dengan Putra Mahkota MBZ dan Masayoshi Son, di Abu Dhabi, pada Selasa (14/01/2020).

Dewan Pengarah ini perannya nanti memberikan saran dan arahan, diharapkan juga dengan hadirnya mereka, akan menambah keyakinan para investor untuk menanamkan modal mereka di Ibu Kota Baru.

Seperti diketahui, bahwa selain MBZ yang menjadi dewan pengawas, juga terdapat Masayoshi Son adalah salah satu orang terkaya di Jepang, pendiri SoftBank dan Chief Executive Officer dari SoftBank Mobile.

Kemudian Tony Blair, mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007,  dan pernah bertugas sebagai utusan Timur Tengah untuk PBB, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia dengan salah satu tugas utamanya adalah menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Menko Luhut sebelumnya mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian. Dalam pertemuan tersebut Presiden Sarkissian menawarkan kemungkinan kerja sama di bidang sains dan teknologi.

“Armenia adalah negara yang unggul dalam bidang-bidang tersebut dan ternyata mereka punya mangrove yang baik, kita akan lihat jika cocok ditanam di Indonesia mungkin kita bisa kembangkan untuk memperkuat carbon trade kita,” pungkas Luhut

Balang

LEAVE A REPLY

+ 11 = 20