Pemda Tana Toraja Akui Minta Jokowi Resmikan Patung Yesus di Bukit Burake

340

Padang TIME.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja angkat bicara soal isu viral di media sosial yang menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Patung Yesus Memberkati. Pihak Pemkab Tana Toraja memberikan penjelasan mengenai urung dilakukannya peresmian patung tersebut oleh Jokowi.

“Kemarin Presiden Jokowi belum meresmikan Patung Burake karena ternyata agenda itu belum disetujui oleh Protokol Istana. Pemda Tana Toraja sudah usulkan rencana ini tapi belum disetujui pihak protokol Istana,” ucap Staf Humas dan Protokoler Pemda Tana Toraja, Chici Permatasari Baan, saat dimintai konfirmasi, Jumat (28/12/2018).

Dia mengatakan saat Jokowi berkunjung ke Tana Toraja beberapa agenda dipotong. Sebab Jokowi ingin meninjau bencana tsunami di Banten.

“Pak Presiden juga rencana mau berkunjung ke Patung Burake tapi karena beliau buru-buru mau meninjau lokasi bencana tsunami Banten jadi beberapa agenda di Tana Toraja terpaksa di-cut dan menunggu reschedule,” ucap dia.

Sebelumnya, pihak Istana sudah meluruskan isu viral tersebut. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Istana Kepresidenan, Bey Machmudin, menjelaskan Jokowi memang betul melakukan kunjungan ke Toraja pada Minggu (23/12).

Bey mengatakan Jokowi mendapatkan permintaan dari Pemerintah Daerah Tana Toraja untuk meresmikan Patung Yesus Kristus. Namun permintaan Pemkab Tana Toraja itu belum bisa dipenuhi oleh Jokowi karena bangunan yang berkaitan dengan patung belum sepenuhnya siap.

Bey menegaskan Jokowi belum meresmikan Patung Yesus Memberkati tersebut. Ini sekaligus menepis isu di media sosial yang menyatakan Jokowi sudah meresmikan patung tapi publikasi dari kegiatan ini ditutup-tutupi.

“Sekretariat Presiden belum dapat memenuhi permohonan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kepada Presiden untuk meresmikan Kawasan Destinasi Wisata Religi Patung Yesus Kristus di Tana Toraja, karena hingga hari H-1 pukul 17.00, bangunan utama dan fasilitas pendukung pada kawasan sekitarnya belum tuntas 100 persen fisiknya,” ujar Bey, Jumat (28/12/2018).

Item yang belum selesai itu, lanjut Bey, antara lain proses finishing bangunan Patung Yesus, dinding tebing penyangga, tangga, jalan akses, dan lahan parkir.
(jbr/jbr)

LEAVE A REPLY