Pelantikan Tim Pembina UKS/M Kota Padang Periode 2020-2025

522

Padang TIME.com -Kota Padang- Sejumlah Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kota Padang periode yang baru masa bhakti 2020-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan di Ruang Serbaguna Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Rabu (26/2/2020).

Selain pelantikan, juga digelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2020 yang diikuti Tim Pembina UKS/M Kota Padang, Kepala Puskesmas di 11 kecamatan dan Tim Pembina UKS/M pada 11 kecamatan se-Kota Padang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul mewakili Wali Kota Padang menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengapresiasi atas dedikasi dari segenap pengurus periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugas sebagai Tim Pembina UKS/M Kota Padang dengan baik sesuai yang diagendakan.

“Terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada pengurus masa bhakti 2014-2019 yang telah bekerja dengan baik, mendedikasikan diri dan tenaga untuk kemajuan UKS/M di Kota Padang. Juga selamat kepada Tim Pembina UKS/M periode masa bhakti 2020-2025 yang baru dilantik. Semoga semuanya dapat bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi,” imbuh Sekda dalam sambutannya.

Amasrul menerangkan, UKS/M merupakan wahana belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada usia anak sekolah, dengan maksud menciptakan lingkungan sehat secara fisik dan mental. Sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang seutuhnya.

“Program UKS yang disebut TRIAS UKS mencakup- pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan. Hal ini merupakan mata rantai dalam meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat secara umum dan khususnya untuk mencerdaskan dan meningkatkan kemampuan ‘life skill’ peserta didik untuk hidup sehat,” lanjutnya.

“Dalam pelaksanaannya tentu harus dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu dengan melibatkan berbagai program dan sektor terkait. Untuk itulah di samping plantikan kita juga menggelar Raker kali ini dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang program pembinaan dan pengembangan UKS/M serta kebijakan Kota Padang dalam Program UKS/M,” tambah sekda.

Lebih lanjut Amasrul berharap kepada Tim Pembina UKS/M Kota Padang dapat melakukan pembinaan dan mendukung kepada sekolah yang ditunjuk sebagai utusan Kota Padang untuk Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Mari kita dukung sekolah tersebut agar dapat menang di tingkat provinsi dan juga sampai ke tingkat nasional hendaknya. Karena, kalau semua unsur yang terlibat memegang peranan maka akan mudah semua persoalan yang dihadapi sekolah tersebut dalam menghadapi lomba itu nantinya,” pungkas Sekda mengakhiri.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Padang, Amriman selaku ketua pelaksana kegiatan pelantikan dan Rakerda menyebutkan, kegiatan kali ini juga bertujuan untuk menyamakan visi dan misi serta memberikan masukan dan saran demi suksesnya program Tim Pembina UKS/M dalam pembinaan dan pengembangan untuk mencapai tujuan sekolah yang mencetak anak didik yang sehat dan cerda serta berdaya saing.

Selanjutnya kata dia, jug untuk melihat sejauh mana komitmen bersama untuk pembinaan dan pengembangan UKS/Mdi sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang mulai dari jenjang pendidikan TK/RA, SD/MI , SMP/MTs serta SMA/SMK/MA.

Balang

 Hubungi Untuk Pendaftaran  Atau Hal Penting Lainnya

Telepon: 081275511555 / 081371195735




LEAVE A REPLY

− 4 = 3